DSpace Repository

Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca AI-Qur 'an Siswa SDIT' Al-Hikmah Pamulang Kota Tangerang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Shopiyah
dc.contributor.author Irmawati, 17311812
dc.date.accessioned 2023-11-10T05:14:52Z
dc.date.available 2023-11-10T05:14:52Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3361
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi semakin banyaknya orang tua mengutamakan pendidikan Al-Qur`ān dibuktikan banyaknya orang tua yang lebih tertarik pada sekolah-sekolah yang mempunyai program unggulan Al-Qur`ān sehingga sangat pentingnya peningkatan mutu pembelajaran Al-Qur`ān. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwasannya penerapan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur`ān di SDIT Al-Hikmah Pamulang Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian ini di SDIT Al-Hikmah Pamulang Tangerang Selatan. Sumber data utama penelitian ini adalah ketua ummi daerah Tangerang Selatan, kepala sekolah SDIT Al-Hikmah, koordinaror guru ummi, guru Al-Qur`ān, orang tua siswa dan peserta didik SDIT Al-Hikmah. Adapun sumber sekunder adalah buku, jurnal, skripsi. Dan sumber dokumen berupa hasil-hasil observasi yang berupa catatan lapangan selama observasi, hasil wawancara, dokumentasi berupa hasil penelitian terdahulu, dokumen kurikulum, foto dan audio. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan anasisis data secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode ummi di SDIT Al-Hikmah dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur`ān bisa dilihat dari berbagai aspek. Pertama, aspek ketartīlan dalam membaca dilihat dari semakin tartil dan bagus bacaan peserta didik. Kedua, aspek hafalan dapat dilihat dari semakin banyaknya hafalan dan kualitas hafalannya yang semakin bagus. Ketiga, aspek materi, dapat dilihat dari semakin mudahnya anak-anak dalam memahami dan hafal sepenuhnya materi-materi yang diberikan. Keempat, aspek kedisiplinan dilihat dari semakin semangat mengulang dan mengerjakan tugas membaca di rumah. Adapun implementasi metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur`ān di SDIT Al-Hikmah Pamulang sudah 90 % diterapkan secara maksimal untuk semua tahapan dan program-program yang dilakukan. Temuan lain dari penelitian ini yaitu keberhasilan sebuah metode itu sangat dipengaruhi oleh goodwill management, sistem yang terstruktur dengan baik serta komunikasi yang maskimal. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Ummi en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Al-Qur`ān en_US
dc.title Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca AI-Qur 'an Siswa SDIT' Al-Hikmah Pamulang Kota Tangerang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account