DSpace Repository

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Bullying dengan Metode Behavior (Studi di SMP Ibnu Hajar Boarding School Jakarta Timur)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syahidah Rena
dc.contributor.advisor Pahrurroji
dc.contributor.author Muhammad Muslih, 221430314
dc.date.accessioned 2023-12-02T07:49:57Z
dc.date.available 2023-12-02T07:49:57Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3509
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengatasi Bullying Memakai Metode Behavior” (Studi di SMP Ibnu Hajar Boarding School Jakarta Timur”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mendapatkan informasi yang mendalam tentang cara mengatasi perilaku pelecehan di sekolah. Untuk mengumpulkan data, digunakan teknik seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Tindakan bullying yang terjadi di SMP Ibnu Hajar pada siswa kelas 8 adalah verbal bullying (Meledek dan berkata kasar, mentertawakan /mengolok-olok teman, (Physical bullying) (perundungan fisik), dan penindasan sexual, (2) Strategi yang telah dicoba atau diterapkan oleh sekolah untuk mengurangi atau meniadakan tindakan bullying adalah dengan diberikan nasihat, orang tua dipanggil, diberikan surat perjanjian. (3) Proses penanganan bullying memakai metode Behavior yang terjadi di SMP Ibnu Hajar Boarding School adalah dengan melakukan empat tahap yaitu: (assessment), (goal setting), (technique implementation), (evaluation-termination). Konselor menggunakan teknik latihan asertif pada klien TF, dan teknik modeling pada klien AY. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Bullying en_US
dc.subject Behavior en_US
dc.subject Penanganan en_US
dc.title Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Bullying dengan Metode Behavior (Studi di SMP Ibnu Hajar Boarding School Jakarta Timur) en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account