Abstract:
Permasalahan diangkat dalam penelitian ini tentang masih rendahnya kinerja guru PAI.Tujuan dalampenelitian iniyaitu untuk mengetahuiperan kepala sekolah dalam meningkatkankinerja guru PAI di MI At-Taufieq Jakarta serta apa saja yang menghambatkepalasekolahdalammeningkatkankinerjaguruPAIdiMIAt-TaufieqJakarta.Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif dengan metode penelitian deskriptif, dengan teknik pengumpulandata melalui: Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Berdasarkan hasilpenelitian dapat disimpulkan bahwa Kepala sekolah MI At-Taufieq Jakartamelaksanakan fungsi dan peran sesuai kompetensi sebagai kepala sekolah.Kepalasekolahmelakukanperannyadalammeningkatkankinerjagurudenganprogramkerja:memfokuskanpadapengemangankurikulumdankegiatan belajar mengajar di sekolah, mengembangkan kreativitas guru PAIdalam mengajar dengan membuat rencana program tahunan, semester danrencanaprogrampembelajarandanmengikutikurikulunyangadayaitukurikulum2013,memenuhikebutuhansaranadanprasarana,danmenegakkan disiplin di lingkungan sekolah dengan memberikan contoh hadirtepatwaktupadajamkerja.Pelaksanaanprogramkerjasudahberjalandengancukupbaikmeskipunmasihadakendalaseperti:terkendalanyapemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana, masih adanya sikap guru yangtertutup, dan belum meratanya keahlian guru dalam penggunaan komputerdenganmenggunakaninternet.Kepalasekolahbersikaptanggapdenganpermasalahanyangada.Kepalasekolahmemberikanmotivasidenganmelakukanpengawasan kinerja guru PAIsecaralangsungdantidaklangsung