DSpace Repository

mplementasi Program Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Speech delay Di TK Islam Pembangunan Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hulailah Istiqlaliyah
dc.contributor.author Hasanah, 19320041
dc.date.accessioned 2024-05-04T05:09:09Z
dc.date.available 2024-05-04T05:09:09Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3581
dc.description.abstract Keterlambatan berbicara (speech delay) merupakan ketidakmampuan anak dalam menggunakan bahasa, hal tersebut merupakan masalah yang serius dan segera ditangani. Maka dari itu penerapan literasi sangat penting agar memberikan manfaat terhadap kemampuan berbahasa anak, karena kemampuan berbahasa anak mempengaruhi kehidupan masa depan anak. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan tentang penerapan program literasi dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada anak speech delay. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian yaitu, kepala sekolah dan guru kelas TK B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program literasi dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak speech delay di TK Islam Pembangunan Tangerang Selatan dapat berjalan dengan baik dengan melakukan pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Dalam pembiasaan, anak speech delay dapat membaca buku cerita dengan buku yang bergambar. Dalam pengembangan, melalui evaluasi anak dapat menjawab pertanyaan dari guru. Dalam pembelajaran, anak speech delay selalu berinteraksi dapat berbicara dengan jelas meskipun dalam proses pembelajaran dengan anak normal dibedakan. Kemudian bahasa reseptif dan ekspresif dapat diukur dengan melakukan tanya jawab atau bercerita dan menanggapi perkataan anak. Bahasa reseptif anak yang meningkat sehingga anak dapat menceritakan kembali cerita yang didengar melalui tatap muka langsung kepada guru, anak dapat memberi reaksi terhadap cerita yang disampaikan guru, anak dapat mengenal huruf vokal dan kosa kata misalnya ber-ma-in secara lisan. Selanjutnya bahasa ekspresif, anak dapat berbicara dengan cara yang jelas, anak dapat bereksperimen dengan kata-kata dan bunyi-bunyi, anak dapat menceritakan gambar yang sudah dibuatnya, anak dapat menyampaikan perasaanya ketika ditanya guru. Sehingga dengan menggunakan literasi ini, dapat meningkatkan kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif anak speech delay. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Program Literasi en_US
dc.subject Anak Speech delay en_US
dc.subject Meningkatkan Kemampuan Bahasa en_US
dc.title mplementasi Program Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Speech delay Di TK Islam Pembangunan Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account