Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi tentang gaya mengajar guru yang berbeda-beda dalam melakukan proses pembelajaran dan tantangan untuk menciptakan suatu pemebelajaran yang menyenangkan. Setiap orang diciptakan dengan isi kepala yang berbeda, latar belakang yang berbeda, serta pengalaman yang berbeda akan menghasilkan suatu kreasi dalam melakukan sesuatu, begitupula dengan seorang guru. Dalam Undang-Undang No. 20 Pasal 40 Ayat 2 menjelaskan bahwa pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bahwasanya teaching style (gaya mengajar) guru membantu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptive. Tempat penelitian di sekolah SMK Al Amanah Tangerang Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa gaya mengajar yang baik dapat menciptakan suatu proses pembelajaran yang menyenangkan, yang tetap berfokus untuk mencapai tujuan dari pembelajaran. Dalam proses pembelajaran beliau telah mengaitkan materi dengan disiplin ilmu lainnya, memberikan motivasi kepada para anak didiknya, memberikan wawasan yang lebih banyak yang didukung dengan pengalaman hidupnya, membuat beberapa siswa aktif dengan diskusi, serta memfasilitasi pembelajaran agar para siswa data belajar secara mandiri. Selain itu, dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan beliau telah menyampaikan akan pentingnya pelajaran yang sedang mereka pelajari, memberikan relaksasi diri bagi para murid agar tidak tegang dan belajar, melakukan komunikasi terbuka, serta menciptakan suasana kelas menjadi nyaman.