DSpace Repository

Efektivitas Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur`ān Di TPQ Fatahillah Cipete Utara Jakarta Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dewi Maharani
dc.contributor.author Afifah, 17311766
dc.date.accessioned 2024-05-07T04:09:35Z
dc.date.available 2024-05-07T04:09:35Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3596
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh cara atau metode yang tepat yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur`ān untuk meningkatkan kemampuan anak dalam membaca Al-Qur`ān dengan menggunakan metode Qiroati. Dalam kehidupan sehari-hari permasalahan yang terjadi, banyaknya umat Islam yang belum bisa membaca Al-Qur`ān atau buta huruf Al-Qur`ān itu dikarenakan belum menemukan metode yang cepat dan mudah untuk belajar membaca Al-Qur`ān. Penelitian yang telah dilakukan sebelumnya terkait dengan pembelajaran Al-Qur`ān menggunakan metode Qiroati: Penelitian oleh Ahmad Syauqi (skripsi, 2018) yang berjudul “Efektivitas Metode Pembelajaran Qiroati (Studi Kasus Siswa Kelas V MI Darul Muttaqin Jakarta”.Persamaan dari penelitian tersebut dengan penelitian penulis terdapat pada temanya yaitu membahas tentang keefektivitasan pembelajaran Al-Qur`ān dengan menggunakan metode Qiroati. Sedangkan perbedaannya terdapat pada lokasi penelitiannya. Metode penelitian yang digunakan metode ini adalah metode kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian ini dilakukan di TPQ Fatahillah Cipete Utara Jakarta Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwaKemampuan membaca Al-Qur`ān berdasarkan nilai test membaca Al-Qur`ān santri TPQ Fatahillah kelas finishing telah menunjukkan bahwa kemampuan materi fashahah tergolong baik dari nilai rata-rata yakni 79,55. Kemudian kemampuan materi tartil tergolong sangat baik dari nilai rata-rata yakni 81,25. Kemudian Efektivitas dalam pembelajaran Al-Qur`ān di TPQ Fatahillah dapat dikatakan telah efektif digunakan dilihat dari penggunaan kurikulum metode Qiroati yang sangat terorganisir dimulai dari persiapan pada guru pengajar, pemberian materi dengan alat praga yang sesuai dengan tingkatan sekaligus proses evaluasi yang dilakukan setiap hari kepada anak murid sampai proses evaluasi guru pengajar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Qiroati en_US
dc.subject Kemampuan Membaca en_US
dc.title Efektivitas Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur`ān Di TPQ Fatahillah Cipete Utara Jakarta Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account