Abstract:
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi metode Tilawati pada siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Tawakkal Denpasar Bali.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam meneliti skripsi ini ialah Studi Kasus dengan menggunakan cara metode kualitatif. Sumber data yang peneliti peroleh berasal dari data primer yang diperoleh dengan cara wawancara kepada narasumber dan informan yang terkait, dan observasi. Serta diperoleh dari data sekunder terkait tentang data jumlah guru, jumlah siswa, hasil nilai metode Tilawati siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi metode Tilawati yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Tawakkal Denpasar Bali pada siswa kelas VI yaitu membantu dan meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Siswa mampu membaca Al-Qur’an dengan baik sesuai dengan kaidah tajwid melalui keikutsertaan dalam kegiatan metode Tilawati. Meskipun belum maksimal, namun sudah ada peningkatan dalam kemampuan membaca Al-Qur’an meliputi kefasihan makharujul huruf, shifatul huruf yang tepat. Metode yang digunakan adalah metode Tilawati dengan pendekatan klasikal baca simak.