DSpace Repository

Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di MIT Al Fatimiyyah An-Nur Rorotan Jakarta Utara

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Rohmah
dc.contributor.author Siti Ulfa Alfa Sanah, 19312195
dc.date.accessioned 2024-05-07T04:20:08Z
dc.date.available 2024-05-07T04:20:08Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3599
dc.description.abstract Kecerdasan emosional merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dalam menentukan masa depan seseorang hingga mencapai 80%. Kecerdasan emosional seseorang dapat ditumbuhkan salah satunya dengan strategi pembelajaran yang tepat sehingga dapat mencapai keberhasilan dari tujuan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru akidah akhlak dan apa saja faktor pendukung dan penyebab dalam menumbuhkan kecerdasan emosional peserta didik di MIT Al Fatimiyyah An-Nur Rorotan Jakarta Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian yakni, kepala sekolah, guru akidah akhlak dan 3 orang peserta didik kelas 6 MIT Al Fatimiyyah An Nur Rorotan Jakarta Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru akidah akhlak dalam menumbuhkan kecerdasan emosional peserta didik di MIT Al Fatimiyyah An-Nur Rorotan Jakarta Utara berjalan dengan baik, sebab strategi yang guru akidah akhlak gunakan adalah strategi pembelajaran penyampaian dan strategi pembelajaran kelompok dengan melalui metode, media dan sarana pembelajaran, motivasi, evaluasi, serta materi dengan bentuk yang bervariasi sehingga dapat menumbuhkan keterampilan kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial yang menjadi ciri seseorang memiliki kecerdasan emosional. Adapun faktor pendukungnya ialah materi pembelajaran akidah akhlak yang membantu terbentuknya kecerdasan emosional, sumber daya manusia, sarana dan prasarana yang baik. serta suasana lingkungan yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya adalah beberapa siswa sulit untuk diberitahu dan dijelaskan karena peserta didik baru mengenal sekolah dan lingkungan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi, Guru Akidah Akhlak en_US
dc.subject Kecerdasan Emosional en_US
dc.subject Guru Akidah Akhlak en_US
dc.title Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di MIT Al Fatimiyyah An-Nur Rorotan Jakarta Utara en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account