dc.description.abstract |
Latar belakang penelitian ini adalah Sering kali sekolah terjebak hanya pada implementasi written curriculum atau kurikulum formal yang berfokus pada pncapaian indikatorÂindikator tertulis sehingga abai terhadap hidden curriculum yang justru memiliki porsi lebih besar terhadap pencapaian tujuan institusi. Dengan memaksimalkan implementasi hidden curriculum disetiap lembaga pendidikan, maka tujuan pendidikan lebih banyak mengandung domain afektif yaitu pembentukan sikap.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah penerapan Hidden Curriculum mempengaruhi penciptaan suasana lingkungan Religius sekolah di SDIT Darul Hikmah, Bekasi".
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang SDIT Darul Hikmah Bekasi, pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan, observasi,wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melakukan pemilihan, penyederhanaan dan transformasi data yang muncul dilapangan sehingga menjadi lebih fokus sesuai dengan obyek penelitian. Setelah analisis data dilakukan barulah ditarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah ditulis dan diuraikan dapat disimpulkan bahwa Implementasi Hidden Curriculum dalam Menciptakan Suasana Religius Sekolah di SDIT Darul Hikmah, Bekasi sudah berjalan dengan baik dibuktikan dengan penerapan atau pembiasaan Hidden Curriculum sehari-hari yang dapat mempengaruhi kebiasaan dan akhlak anak didik dan kerja sama yang baik seluruh warga sekolah sehingga terciptanya suasana Religius sekolah di SDIT Darul Hikmah, Bekasi. |
en_US |