dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penanaman nilai-nilai pendidikan moral dalam kegiatan kerohanian di sekolah terhadap kepribadian siswa. Melalui penanaman nilai-nilai pendidikan moral dalam kegiatan kerohanian Islam di sekolah ini, diharapkan dapat memberikan pengaruh yang positif pada kepribadian siswa.
Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X IP A SMA Darul Ma'arif Jakarta Selatan. Responden dalam penelitian ini berjumlah 23 orang siswa, karena populasi yang ada kurang dari 100 (seratus) siswa, maka penelitian ini dinamakan penelitian populasi sehingga diambil seluruhnya. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode pengolahan data menggunakan metode analisis korelasi. Adapun teknik analisa data menggunakan korelasi product moment pearson pada program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 22for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang dihasilkan dengan adanya penanaman nilai-nilai pendidikan moral dalam kegiatan kerohanian Islam di sekolah terhadap kepribadian pada siswa kelas X SMA Darul Ma'arif, |
en_US |