Abstract:
Lembaga bahasa adalah instansi yang bergerak dalam bidang pendidikan non formal. Instansi ini biasa terbuka bagi siapa yang ingin mendalami dan mempelajari bahasa asing dari bahasa Negaranya. Tidak jauh berbeda dengan lembaga bahasa IIQ Jakarta atau yang biasa disebut LB! ini. LB! bergerak dalam pendidikan non formal khusus bahasa arab dengan ruang lingkup yang mencakup pada mahasiswi IIQ Jakarta saja.
Lembaga bahasa ini melakukan proses belajar yang melibatkan individu-individu secara berkelompok untuk berinteraksi sccara verbal yang dipandu oleh pelatih untuk mendalami dan lebih memahami bahasa arab dengan mempelajari Nahwu dan Sharaf yang menjadi dasar dalam mempelajari bahasa arab dan kaida-kaidah yang terkandung didalamnya.
Dcngan adanya lembaga bahasa IIQ Jakarta, diharapkan dapat meningkatkan prestasi bahasa arab mahasiswi IIQ Jakarta dan mampu memperbaiki sumbcr daya manusia dalam bidang pendidikan, khususnya pcndidikan dalam bidang agama. Melalui penelitian ini, penulis ingin mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara kcgiatan lembaga bahasa IIQ terhadap kemampuan atau prcstasi mahasiswi I IQ .lukarta dalam herhahasa arah.
Dalam melakukan penclitian ini, pcnditi mcnggunakan penelitian kuantitatit yaitu penelitian lapangan. Scdungkan tehnik pcngumpulan data melalui ohscrvasi, wawancara, dan quitioncr. Adapun tcknik analisis datanya menggunakan deskri pti f analisis.
Duri hasil pcrhitungan angka korelasi, hanya dengan angku korclasi scbcsar 0,21. Dengan df sebesar 48 maka dipcrnluh taruf signilikunsi 5% "r" tabel sebcsar 0,273 dan turaf signi likunsi I%, "r" label scbesar 0,354. Dengan dcmikiun maka hipotcsu altematif (Ha) diterima dan hipotesa nihil (I lo) ditolak. Kcsimpulan yang dapat ditarik adalah antara variubcl X dan variabd Y tcrdapat korelasi yang signifikan, ukun lclupi korelusi itu sangat lemah atau sangat rcndah.