dc.contributor.advisor |
Romlah Widayati |
|
dc.contributor.author |
Alaina Fadhila, 11311033 |
|
dc.date.accessioned |
2024-05-07T06:46:28Z |
|
dc.date.available |
2024-05-07T06:46:28Z |
|
dc.date.issued |
2015 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3626 |
|
dc.description.abstract |
Al-Qur" an rnerupaka kitab pedoman umat Islam. Sebagai pedornan kita harus rnernahami dengan benar. Untuk rnernahami Al-Qur'an kita harus rnembacanya. dalam hal rncmbaca mempunyai cara dan aturan tersendiri. Cara tersebut scsuai dengan yang diajarkan Nabi Muhammad Saw. Cara untuk membaca Al-Qur'an tersebut tidak lain ada indikatornya yaitu bacaan tajwid dan tempo yang tepat dan benar. Pelajaran membaca Al-Qur'an haruslah diberikan sejak usia sekolah. Karena itulah penulis membuat karya Ilmiah yang berjudul Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran AI-Qur'an Terhadap Kcmampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas XII IPA SMA Darul Ma'arif Jakarta Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015. Karya ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji pengaruh pelaksanaan pembelajran Al-Qur'an terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an.
Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode analisis korelasional. Tehnik pengambilan sampel random sampling dengan sampel sebanyak 22 siswa kelas XII IPA SMA Darul Ma'arif. Hasil skor antara variabel X dan variabel Y dihitung dengan tehnik analisis regresi sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS versi I 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa. Hal ini mengingat memang secara rerata dari 22 siswa tersebut skor angket pelaksanaan pembelajaran Al-Qur' an masuk pada kategori kurang (36,4%). Sedangkan skor kemarnpuan membaca Al-Qur'annya masuk kategori baik (100%). Namun koefisien B dari perhitungan ini bemilai positif, artinya jika pelaksanaan pembelajaran dinaikkan maka kemampuan membacajuga akan naik. |
en_US |
dc.language.iso |
id |
en_US |
dc.publisher |
Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
en_US |
dc.subject |
Pembelajaran Al-Qur'an |
en_US |
dc.subject |
Kemampuan Membaca Al-Qur'an |
en_US |
dc.title |
Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran AlQur'an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas XII IPA SMA Dami Ma'arif Jakarta Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015 |
en_US |
dc.type |
Skripsi |
en_US |