DSpace Repository

Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Al­Qur'an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas XII IPA SMA Dami Ma'arif Jakarta Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015

Show simple item record

dc.contributor.advisor Romlah Widayati
dc.contributor.author Alaina Fadhila, 11311033
dc.date.accessioned 2024-05-07T06:46:28Z
dc.date.available 2024-05-07T06:46:28Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3626
dc.description.abstract Al-Qur" an rnerupaka kitab pedoman umat Islam. Sebagai pedornan kita harus rnernahami dengan benar. Untuk rnernahami Al-Qur'an kita harus rnembacanya. dalam hal rncmbaca mempunyai cara dan aturan tersendiri. Cara tersebut scsuai dengan yang diajarkan Nabi Muhammad Saw. Cara untuk membaca Al-Qur'an tersebut tidak lain ada indikatornya yaitu bacaan tajwid dan tempo yang tepat dan benar. Pelajaran membaca Al-Qur'an haruslah diberikan sejak usia sekolah. Karena itulah penulis membuat karya Ilmiah yang berjudul Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran AI-Qur'an Terhadap Kcmampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas XII IPA SMA Darul Ma'arif Jakarta Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015. Karya ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji pengaruh pelaksanaan pembelajran Al-Qur'an terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode analisis korelasional. Tehnik pengambilan sampel random sampling dengan sampel sebanyak 22 siswa kelas XII IPA SMA Darul Ma'arif. Hasil skor antara variabel X dan variabel Y dihitung dengan tehnik analisis regresi sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS versi I 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa. Hal ini mengingat memang secara rerata dari 22 siswa tersebut skor angket pelaksanaan pembelajaran Al-Qur' an masuk pada kategori kurang (36,4%). Sedangkan skor kemarnpuan membaca Al-Qur'annya masuk kategori baik (100%). Namun koefisien B dari perhitungan ini bemilai positif, artinya jika pelaksanaan pembelajaran dinaikkan maka kemampuan membacajuga akan naik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pembelajaran Al-­Qur'an en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Al-Qur'an en_US
dc.title Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Al­Qur'an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas XII IPA SMA Dami Ma'arif Jakarta Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account