DSpace Repository

Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Bermain Peran Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V di SDI Al­Azhar 4 Kebayoran Lama

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yayah Nurmaliah
dc.contributor.author Zakiyatun Ni'mah, 11311064
dc.date.accessioned 2024-05-07T06:51:02Z
dc.date.available 2024-05-07T06:51:02Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3627
dc.description.abstract Metode bermain peran adalah cara untuk menyampaikan materi pelaj aran kepada peserta didik dengan melakukan suatu permainan yang telah ditetapkan oleh guru. Penyajian bahan dengan cara memperlihatkan peragaan, baik dalam bentuk uraian maupun kenyataan, semuanya berbentuk tingkah laku dalam hubungan sosio yang kemudian diminta beberapa orang pesreta didik untuk memerankannya untuk mencapai tujuan pembelaj aran yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Islam Al Azhar 4 Kebayoran Lama dalam pembelajaran Pcndidikan Agama Islam. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kclas V SD Islam Al Azhar 4 yang berjumlah 34 siswa. Pcnelitian i11i 111erupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dcngan jenis pcnditian kuantitatif, yaitu menghitung data dengan angka, kemudian menggambarkan data dengan menggu11aka11 kalimat untuk memperoleh keterangan yang jdas dan tcrperinci. Penelitian 1m dilaksanakan dalam dua siklus, setiap tindakan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil refleksi dijadikan dasar untuk menyusun rencana tindakan selanjutnya. Pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan atau observasi dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui penerapan metode role play. Adaapun cara yang ditempuh untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan metode role play adalah dengan menerapkan mctodc tcrscbut mcnggunakan dua siklus dan masing-masing siklus tcrdiri dari dua pertemuan. Skor rata-rata keterampilan berbicara siswa sebelum menerapkan metode role play adalah 65,06 dan meningkat menjadi 89,65, ha! ini ditunjukkan dengan rata-rata prestasi belajar siswa sebelum tindakan 79,41 menjadi 94,12. Dari hasil skor tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode role play secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dengan demikian dapat penulis simpulkan bahwa metode role play dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Islam Al Azhar 4 Kebayoran Lama Jakarta Selatan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Keterampilan Berbicara en_US
dc.subject Metode Bermain Peran en_US
dc.title Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Bermain Peran Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V di SDI Al­Azhar 4 Kebayoran Lama en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account