DSpace Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas III SDN Panjangjaya 1 Pandeglang Banten

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurnia Akbar
dc.contributor.author Yulia Ayuningtias, 19312101
dc.date.accessioned 2024-05-08T06:50:47Z
dc.date.available 2024-05-08T06:50:47Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3652
dc.description.abstract Al-Qur’an sebagai sumber atau pokok ajaran agama Islam yang diturunkan oleh Allah Swt. Namun, faktor dari masalah yang diketahui pada pendidikan formal masih Kurangnya minat peserta didik terhadap pembelajaran Al-Qur’an, kurangnya kemampuan peserta didik dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. oleh karena itu, untuk membantu peserta didik dalam mengatasi permasalahan tersebut, maka guru harus mencari solusi dengan menggunakan model pembelajaran Al-Qur’an yang tepat salah satunya yaitu model cooperative learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh model cooperative learning terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an. jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara penyebaran angket kepada siswa kelas III yang berjumlah 17 orang. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil uji regresi linear sederhana sebesar 3,552 > 2,131, hal ini terbukti bahwa thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5% sehingga dapat Ha diterima dan H0 ditolak, dengan demikian dapat di ambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model cooperative learning (X) terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an (Y) sebesar 45,7%, sedangkan sisanya yaitu 54,3 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Cooperative Learning en_US
dc.subject Kemampuan Baca Tulis en_US
dc.subject Al-Qur’an en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas III SDN Panjangjaya 1 Pandeglang Banten en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account