DSpace Repository

Efektivitas Metode Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Arif Rahman Hakim Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syahidah Rena
dc.contributor.advisor Pahrurroji
dc.contributor.author Wahyu Noer Kholish, 221430343
dc.date.accessioned 2024-05-15T09:13:28Z
dc.date.available 2024-05-15T09:13:28Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3659
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode Numbered Heads Together di SMA Arif Rahman Hakim dan efektifitas metode Numbered Heads Together untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Arif Rahman Hakim Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun sumber data primer yang didapatkan melalui observasi dan wawancara kepada guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik terkait implementasi metode Numbered Heads Together dan efektivitasnya dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMA Arif Rahman Hakim, dengan dokumen sekolah, Sementara data sekunder peneliti dapatkan dari buku, jurnal, dan data lainnya yang bersumber dari internet. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut, 1). Metode numbered heads together dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terimplementasi dalam 3 tahap yakni: a. Perencanaan, b. Pelaksanaan, dan c. Evaluasi. 2). Motivasi belajar peserta didik di SMA Arif Rahman Hakim terindentifkasi melalui sejumlah indikator, yaitu. a. Menumbuhkan saling kerja sama antara anggota kelompok dan saling tukar pikiran, b. Menumbuhkan dorongan semangat belajar peserta didik, c. Bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan kelompok, d. Memiliki hubungan baik dengan seluruh guru di SMA Arif Rahman Hakim Tangerang Selatan dan orang tua peserta didik, e. Lingkungan sekolah dapat memiliki dampak yang kuat terhadap kualitas agama peserta didik, f. Keberhasilan metode Numbered Heads Together dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan metode Numbered Heads Together di SMA Arif Rahman Hakim berperan efektif. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Numbered Heads Together en_US
dc.subject Guru Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.title Efektivitas Metode Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Arif Rahman Hakim Tangerang Selatan en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account