DSpace Repository

Efektivitas Keterlibatan Orang Tua Pada Program Literasi Membaca dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa SD Emirattes Islamic School

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syahidah Rena
dc.contributor.advisor Pahrurroji
dc.contributor.author Farhah Nida, 219430245
dc.date.accessioned 2024-05-16T02:56:55Z
dc.date.available 2024-05-16T02:56:55Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3660
dc.description.abstract Persoalan literasi dan karakter menjadi persoalan penting dalam sistem evaluasi pendidikan tingkat nasional. Keduanya menjadi fokus penyederhanaan kurikulum oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Literasi terkait dengan kemampuan menganalisis kualitatif. Pengetahuan tersebut penting sebagai bekal pengembangan semua disiplin ilmu. Sementara karakter menjadi pengikat agar peserta didik menjadi pribadi yang baik. Maka, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektivitas keterlibataan orang tua pada program literasi membaca dalam mengembangkan karakter religius siswa SD Emirattes Islamic School. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian descriptive research yaitu berfokus mendeskripsikan efektivitas keterlibataan orang tua pada program literasi membaca dalam mengembangkan karakter religius siswa. Sumber data primer yaitu dokumentasi, wawancara dengan kepala sekolah, guru, orang tua dan siswa kelas IV yang dipilih secara purposive. Sedangkan sumber sekunder yaitu kurikulum SD Emirattes Islamic School, jurnal, artikel, brosur, dan buku. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya keefektifan pada keterlibatan orang tua dalam program literasi membaca untuk mengembangkan karakter religius siswa, yaitu: 1) Bentuk keterlibatan orang tua sebagai modeling, adanya keterlibatan orang tua dalam membiasakan diri untuk membaca buku; sebagai mentoring, adanya keterlibatan orang tua dalam membiasakan diri untuk membaca buku bersama anak; sebagai organizing, adanya keterlibatan orang tua dalam menciptakan lingkungan kaya akan bacaan, serta membeli buku bersama anak; 2) Gambaran karakter religius dalam keseharian siswa yaitu, adanya keyakinan dalam diri siswa bahwa Allah Swt. satu-satunya Tuhan yang wajib disembah, siswa melaksanakan kewajibannya dalam beribadah, siswa berbagi sebagian hartanya kepada sesama manusia; 3) Proses pembentukan kebiasaan pada anak akan tercapai apabila ayah dan ibu sebagai orang tua dapat menjalankan tugas dan perannya dengan baik. Ayah dan ibu memiliki peran yang setara dalam mengelola keluarga, terutama dalam hal pendidikan dan pengasuhan anak. Namun kenyataannya tidak semua orang tua mempunyai waktu untuk mengajar dan bermain dengan anaknya karena sibuk dengan pekerjaan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Keterlibatan Orang Tua en_US
dc.subject Literasi Membaca en_US
dc.subject Karakter Religius en_US
dc.title Efektivitas Keterlibatan Orang Tua Pada Program Literasi Membaca dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa SD Emirattes Islamic School en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account