DSpace Repository

Penerapan Metode IQRA dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa MTs S Nurul Islam Cisauk Kabupaten Tangerang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dewi Maharani
dc.contributor.author Kqot Runnada, 19312077
dc.date.accessioned 2024-06-29T06:43:54Z
dc.date.available 2024-06-29T06:43:54Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3693
dc.description.abstract Latar belakang dalam penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis terhadap Penerapan Metode Iqra dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur'an Pada Siswa MTs S Nurul Islam Cisauk yang dialami oleh banyaknya Siswa MTs S Nurul Islam Cisauk yang masih kurang dalam baca tulis Al-Qur’an, dan penerapan yang digunakan oleh guru BTQ memakai metode Iqra dan Al-Qur’an untuk menunjang kualitas belajar baca tulis Al-Qur’an untuk mengatasi anak siswa yang masih terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Adapun tekhnik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, Guru BTQ, dan2 Siswa Kelas VII MTs dan 1 siswa kelas VIII MTs S Nurul Islam Cisauk.Sedangkan tekhnik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui usaha penerapan metode iqra dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an Pada Siswa MTs S Nurul Islam Cisauk dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat di dalamnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) bentuk penerapan metode iqra dalam meningkatkan membaca Al-Qur’an adalah siswa harus bisa membedakan panjang pendek bacaan,menerapkan ilmu tajwid,dan siswa masih ada yang terbata-bata dalam mengucapkan makhorijul huruf. Faktor pendukung dalam meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an Pada siswaa di MTS S Nurul Islam Cisauk yaitu adanya kesadaran diri dari siswa-siswi akan pentingnya Baca Tulis Al-Qur’an, adanya sifat keteladan yang dicontohkan oleh guru BTQ dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an, dan adanya kerjasama antara siswa-siswi.Sedangkan, fakor penghambat dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an yaitu kurangnya perhatian dan motivasi dari orangtua, keterbatasan alat pembelajaran dalam sekolah, dan terbatasnya waktu belajar di sekolah dan jumlah guru BTQ di sekolah MTs S Nurul Islam cisauk. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.subject Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an en_US
dc.subject Metode Iqra en_US
dc.title Penerapan Metode IQRA dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa MTs S Nurul Islam Cisauk Kabupaten Tangerang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account