Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kegiatan maulid Dibā’ dalam meningkatkan karakter religius santri kelas XI Madrasah Aliyah di pondok pesantren Hasbiyallah Klender Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) penerapan kegiatan maulid Dibā di pondok pesantren Hasbiyallah ada tiga, yaitu a. perencanaan: pemilihan waktu dan tempat, menciptakan lingkungan yang kondusif, latihan membaca sholawat, adanya peraturan kegiatan, media dan alat pendukung. b. pelaksanaan: guru memimpin kegiatan maulid Dibā’ menggunakan tiga metode yaitu pembiasaan, keteladanan dan nasihat, serta santri terlibat dalam pelaksanaan kegiatan maulid Dibā’, c. evaluasi kegiatan maulid Diba’ dalam kurun waktu dua minggu sekali atau satu bulan sekali, 2) peningkatan karakter religius melalui maulid Dibā’ terbagi dua macam yaitu: a. nilai ilahiyah yaitu menambah kecintaan kepada Allah dan Rasul, melaksanakan sholat tepat waktu dengan kesadaran sendiri, rajin membaca Al-Qur’an, b. nilai insaniyah yaitu sikap disiplin, jujur, baik, tanggung jawab, sopan santun, menghormati, dan beradab yang baik. 3) faktor pendukung dalam proses peningkatan karakter religius santri yaitu motivasi diri, adanya dorongan taat beribadah kepada Allah SWT, kegiatan berbasis keagamaan, sarana prasarana yang mendukung dan lingkungan yang kurang baik, dan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran religiusitas, kurangnya pengetahuan agama dan lingkungan yang kurang baik.