dc.description.abstract |
Penelitian ini di latar belakangi karena pada era globalisasi saat ini, aneka
macam pergeseran nilai dalam kehidupan. Terutama guru pada sekolah perlu
khawatir dan prihatin terhadap anak-anak menjadi generasi penerus terhadap
maju pesatnya iptek yang berdampak terjadinya pergeseran budaya hingga
berpengaruh pada penerapan kegiatan pembelajaran Al-Qur’an. Berhubung
dengan hal tersebut maka guru Pendidikan agama Islam dan Lembaga sekolah
yang berbasis Islami diharuskan untuk mencari Solusi agar pembelajaran Al Qur’an menjadi mudah untuk di pelajari dan diminati.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Jenis penelitian
yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field
research) dan Subjek pada penelitian ini yakni, ketua pelaksana, guru
keagamaan, guru pembimbing, dan 6 orang peserta didik kelas 7 dan 8 MTsN
1 Kota Tangerang Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun Teknik analisis data
yang digunakan adalah reduksi data, display data dan Kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan kegiatan pembiasaan tadarus
Al-Qur’an di MTsN 1 Kota Tangerang Selatan ini dikatakan berhasil karena
dilihat dari kemampuan dan semangat siswa dalam mempelajari Al-Qur’an
cukup baik sesuai kaidah tajwid, lancar dan tartil. Faktor pendukung pada
kegiatan pembiasaan tadarus Al-Qur’an ini yaitu: guru yang kompeten dalam
bidangnya, guru yang mau kerja sama dan kompak, siswa yang semangat
mengikuti kegiatan. Dan faktor penghambatnya yaitu guru yang kurang
menarik dalam proses belajar mengajar, selain itu pula terdapat siswa yang
mudah terpengaruh dengan teman sebayanya dan terkadang juga siswa
siswanya malas mengikuti kegiatan dan juga ada beberapa siswa yang sulit
mengingat materi yang disampaikan. |
en_US |