DSpace Repository

Implementasi Pembiasaan Tadarus Al Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswa Di MTsN 1 Kota Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pahrurroji
dc.contributor.author Aatikah Isnaeni, 20312200
dc.date.accessioned 2024-07-31T08:45:12Z
dc.date.available 2024-07-31T08:45:12Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3738
dc.description.abstract Penelitian ini di latar belakangi karena pada era globalisasi saat ini, aneka macam pergeseran nilai dalam kehidupan. Terutama guru pada sekolah perlu khawatir dan prihatin terhadap anak-anak menjadi generasi penerus terhadap maju pesatnya iptek yang berdampak terjadinya pergeseran budaya hingga berpengaruh pada penerapan kegiatan pembelajaran Al-Qur’an. Berhubung dengan hal tersebut maka guru Pendidikan agama Islam dan Lembaga sekolah yang berbasis Islami diharuskan untuk mencari Solusi agar pembelajaran Al Qur’an menjadi mudah untuk di pelajari dan diminati. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dan Subjek pada penelitian ini yakni, ketua pelaksana, guru keagamaan, guru pembimbing, dan 6 orang peserta didik kelas 7 dan 8 MTsN 1 Kota Tangerang Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan kegiatan pembiasaan tadarus Al-Qur’an di MTsN 1 Kota Tangerang Selatan ini dikatakan berhasil karena dilihat dari kemampuan dan semangat siswa dalam mempelajari Al-Qur’an cukup baik sesuai kaidah tajwid, lancar dan tartil. Faktor pendukung pada kegiatan pembiasaan tadarus Al-Qur’an ini yaitu: guru yang kompeten dalam bidangnya, guru yang mau kerja sama dan kompak, siswa yang semangat mengikuti kegiatan. Dan faktor penghambatnya yaitu guru yang kurang menarik dalam proses belajar mengajar, selain itu pula terdapat siswa yang mudah terpengaruh dengan teman sebayanya dan terkadang juga siswa siswanya malas mengikuti kegiatan dan juga ada beberapa siswa yang sulit mengingat materi yang disampaikan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Tadarus Al-Qur’an en_US
dc.subject Kualitas Bacaan en_US
dc.title Implementasi Pembiasaan Tadarus Al Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswa Di MTsN 1 Kota Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account