Abstract:
Guru adalah tenaga kependidikan yang mempunyai
tugas dan tanggung jawab yang besar yang berkaitan dengan
proses pendidikan yang menuntut profesionalitas tinggi dalam
proses pembelajaran. Kemampuan profesional guru dalam
menciptakan pembelajaran yang berkualitas sangat
menentukan keberhasilan pendidikan secara keseluruhan. Yang
menjadi permasalahan peneliti adalah bagaimana kompetensi
profesional guru PAI dan usaha apa saja yang dilakukan oleh
pihak sekolah untuk meningkatkan kompetensi profesional
guru PAI di Madrasah Tsanawiyah al-Hamidiyah Depok.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis
secara kritis tentang kompetensi profesional guru PAI di
Madrasah Tsanawiyah serta usaha-usaha yang dilakukan pihak
sekolah untuk meningkatkan kompetensi profesional.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan
mengambil latar Madrasah Tsanawiyah al-Hamidiyah Depok.
Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara,
kuesioner dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan
adalah analisis deskriptif yaitu jenis penelitian yang
memberikan gambaran atau uraian suatu keadaan sejelas
mungkin tanpa ada perlakuan dari obyek yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kompetensi
profesional guru PAI relative baik, yaitu kesesuaian teori
dengan hasil wawancara dengan guru PAI dan diperkuat
dengan hasil penelitian penulis pada persepsi siswa yaitu beberapa indikator sudah terpenuhi dengan baik. Namun, ada
beberapa kompetensi profesional guru PAI yang belum
memenuhi indikator-indikator dalam kompetensi profesional.
(2) usaha-usaha yang dilakukan pihak sekolah untuk
meningkatkan kompetensi profesional adalah: a)
memberdayakan guru-guru PAI untuk mengikuti seminar, loka
karya, dan penataran. b) studi banding ke sekolah yang
dianggap lebih maju. c) melengkapi sarana dan prasarana yang
dapat menunjang proses pembelajaran.