Abstract:
Dalam penelitian ini membahas mengenai pengaruh penggunaan media
sosial dalam pembelajaran akidah akhlak terhadap perilaku altruisme pada
siswa. Dalam upaya ini, peneliti hendak mengaitkan pengaruh penggunaan
media sosial dalam pembelajaran akidah akhlak terhadap altruisme siswa lebih
mendalam terutama mengenai media sosial yang mempengaruhi anggapan
siswa, empati, serta hasrat untuk menolong sesama. Perilaku altruisme
merupakan salah satu sikap yang mencerminkan kemampuan afektif siswa.
Sedangkan tindakan memberikan bantuan secara langsung merupakan salah
satu sikap yang mencerminkan kemampuan psikomotorik siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan
media sosial terhadap perilaku altruisme pada siswa. Metode penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan cara penyebaran kuesioner
kepada siswa kelas XI MA Pembangunan Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil uji regresi linear
sederhana sebesar 3,552 > 0,191, hal ini terbukti bahwa thitung > ttabel pada taraf
signifikansi 5% sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, dengan demikian dapat
diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan
media sosial (X) terhadap perilaku altruisme pada siswa (Y) di sekolah MA
Pembangunan Syarif Hidayatullah Jakarta sebesar 45,7%, sedangkan sisanya
yaitu 54,3 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian
ini. Faktor lain seperti: Interaksi sosial, Sosial budaya, Informasi, Kestabilan
emosi, dan lain-lain.
Hasil penelitian ini berdampak pada peningkatan penggunaan media
sosial untuk meningkatkan kemampuan afektif dan psikomotorik siswa dalam
hal ini kepedulian dan perilaku menolong kepada orang lain atau disebut
dengan altruisme