Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak siswa yang
menunjukkan perilaku sosial yang kurang baik, seperti tawuran, bolos sekolah,
dan tidak menghormati guru serta orang tua. Hal ini menandakan bahwa proses
internalisasi nilai-nilai akhlak dan budi pekerti dalam pembelajaran belum
berjalan secara optimal. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
siswa adalah persepsi mereka terhadap mata pelajaran Pendidikan Akhlak dan
Budi Pekerti. Oleh karena itu disini peneliti akan meneliti; adakah pengaruh
persepsi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Akhlak dan Budi Pekerti
terhadap perilaku sosial siswa di SMK Mitra Karya. Tujuan penelitian ini ialah
untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Akhlak dan Budi Pekerti terhadap perilaku sosial siswa di SMK Mitra Karya
Rengasdenglok Karawang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian yakni metode penelitian survei mengumpulkan informasi dari
responden menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel yang digunakan
berjumlah 108 responden. Sedangkan untuk menguji hipotesis peneliti
menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil perhitungan menggunakan analisis regresi linear sederhana
diperoleh thitung sebesar 4,525 > 1,983 ttabel dengan nilai signifikansi sebesar
0,000 < 0,005. Maka Ha diterima dan Ho ditolak, maka dapat dinyatakan bahwa
signifikansi atau hipotesis yang penulis ajukan diterima. Dengan demikian
dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa
pada mata pelajaran Pendidikan Akhlak dan Budi Pekerti terhadap perilaku
sosial siswa kelas X SMK Mitra Karya Rengasdengklok sebesar 16,2%, sedangkan 83,8% lainnya perilaku sosial siswa dipengaruhi oleh bimbingan
keluarga, teman sebaya, budaya akademik dan lain-lain yang tidak termasuk
dalam penelitian ini.