dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa implementasi pendidikan Islam berbasis fitrah di platform BATAS (Belajar Al-Qur’an Sampai Tuntas) Depok dan penanaman nilai agama berbasis pendidikan fitrah pada anak usia dini di era digital BATAS (Belajar Al-Qur’an Sampai Tuntas) Depok.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dan teknik analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Implementasi pendidikan Islam berbasis fitrah di BATAS (Belajar Al-Qur’an Sampai Tuntas) Depok dalam penanaman nilai agama pada anak usia dini di era digital adalah ada tiga tahap yaitu perencanaan yang ditetapkan BATAS meliputi kurikulum yang berisi materi-materi pembelajaran yang harus diajarkan guru, pelaksanaan pembelajaran yang meliputi pembukaan, kegiatan ini dan penutup dan evaluasi yang meliputi pengamatan dan assessment harian, mingguan dan bulanan, dan 2). Penanaman nilai agama berbasis pendidikan fitrah pada anak usia dini di era digital BATAS (Belajar Al-Qur’an Sampai Tuntas) Depok adalah melalui berbagai kegiatan yang melibatkan beberapa orang yaitu siswa, guru dan wali murid. Berikut aspek yang dikembangkan meliputi fitrah keimanan, fitrah bakat dan kepemimpinan, fitrah belajar dan bernalar, fitrah individualitas dan sosialitas, fitrah jasmani, estetika, fitrah seksualitas dan cinta, fitrah seksualitas dan cinta, fitrah perkembangan. |
en_US |