DSpace Repository

Efektivitas Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Peligius Siswa Sekolah Dasar Negeri 12 Gunung Megang Sumatera Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syahidah Rena
dc.contributor.advisor Sri Widyastri
dc.contributor.author Rani Karya Fitri, 222430351
dc.date.accessioned 2024-09-30T02:45:51Z
dc.date.available 2024-09-30T02:45:51Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3755
dc.description.abstract Tujuan Tesis ini untuk menganalisa implementasi, dan efektivitas, ekstrakurikuler pendidikan agama islam di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 12 Gunung Megang, serta menemukan faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan field research. Teknik pengumpulkan data dalam penelitian ini dengan teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara kepada kepala sekolah, guru bidang studi, dan orangtua siswa, serta siswa kelas VI SDN 12 Gunung Megang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi ekstrakurikuler pendidikan agama Islam di SDN 12 Gunung Megang mempunyai 3 tahapan: a. Perencanaan, yaitu seluruh program yang ada di Esktrakurikuler Pendidikan Agama Islam berlandaskan dengan Visi, SDN 12 Gunung Megang, yakni “Mewujudkan siswa-siswi SDN 12 Gunung Megangyang beriman, berakhlak, berprestasiserta cinta lingkungan”. b. Pelaksanaan program ekstrakurikuler ini diikuti dan melibatkan seluruh siswa di SDN 12 Gunung Megang dengan alokasi waktu yang berbeda-beda. c. Evaluasi, seluruh kegiatan ekstrakurikuler pendidikan agama Islam berjalan kurang kondusif akibat dari, waktu pelaksanaan yang kurang memadai, tempat pelaksanaan yang kurang luas, serta kurang nya kerjasama anatar guru. 2. faktor pendukung pembentukan karakter religius pada siswa: a) komitmen serius sekolah; b) dukungan dan partisipasi dari orang tua siswa; c) lingkungan yang mengadakan kelompok-kelompok belajar mengaji dan menimba ilmu agama dan faktor penghambat pembentukan karakter religius pada siswa: a) Kegiatan ekstrakurikuler pendidikan agama Islam yang berjalan kurang kondusif; b) kelalaian orang tua dalam mengawasi anak; b) pengaruh smart phone yang menyajikan fitur-fitur yang mengasyikkan seperti media sosial dan game. Ekstrakurikuler pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 12 Gunung Megang cukup efektiv terhadap pembentukan karakter religius siswa, dengan tumbuhnya nilai Ilahiyah dan Insaniyah pada siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Ekstrakurikuler en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Karakter Religius en_US
dc.title Efektivitas Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Peligius Siswa Sekolah Dasar Negeri 12 Gunung Megang Sumatera Selatan en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account