Abstract:
Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis terhadap penanaman nilai disiplin melalui pembelajaran Maḥfūẓāt dikarenakan masih banyak siswa yang menyepelekan peraturan-peraturan khususnya yang diterapkan di Sekolah sehingga dengan adanya pembelajaran Maḥfūẓāt penulis melihat adanya relevansi terkait penanaman disiplin siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa relevan pembelajaran Maḥfūẓāt dalam membentuk perubahan tingkah laku (Behavioristik) siswa dan penanaman apa saja yang dihadirkan di MIT Al-Fatimiyah An-Nur dalam upaya menciptakan perubahan tingkah laku siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif dimana dalam penelitian ini penulis mencoba menggambarkan kegiatan penelitian yang dilakukan pada objek tertentu dengan jelas dan sistematis.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut, 1. Proses pelaksanaan pembelajaran Maḥfūẓāt yang dilaksanakan di MIT Al-Fatimiyah An-Nur sudah berlandaskan komponen-komponen pembelajaran yang meliputi: Tujuan, Materi, Media, Strategi/Metode, Sarana dan Prasarana, serta evaluasi pembelajaran. Dalam pembelajaran Maḥfūẓāt teori Behavioristik sangat cocok direalisikan karena adanya hubungan antara stimulus dan respon pada saat pembelajaran yang memudahkan pendidik untuk menciptakan perubahan tingkah laku pada peserta didik. 2. Internalisasi nilai disiplin di MIT Al-Fatimiyah An-Nur dilakukan dengan melakukan beberapa proses di antaranya: a) Tahap transformasi nilai, b) Tahap transaksi nilai, c) Tahap transinternalisasi. 3. Adanya faktor pendukung dalam internalisasi nilai disiplin seperti minat dan semangat yang tinggi peserta didik serta adanya pembiasaan kegiatan rutin dan keteladanan. Sedangkan faktor penghambat salah satunya seperti kemampuan intelektual peserta didik yang berbeda-beda sehingga mempengaruhi proses internalisasi nilai disiplin siswa.