Abstract:
Tesis ini bertujuan untuk meneliti: Bagaimana penerapan program Student-Led Conference (SLC) untuk peserta didik kelas 9 SMP ICM BSD Kelurahan Ciater, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, bagaimana pembentukan karakter islami peserta didik melalui program Student-Led Conference (SLC) pada kelas dan tempat tersebut, dan menganalisa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan program Student-Led Conference untuk kelas dan tempat tersebut.
Metodologi penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian secara langsung ke lapangan dengan teknik observasi, dokumentasi, wawancara pihak-pihak terkait dan triangulasi. Tesis ini membuktikan bahwa: Penerapan program SLC di kelas 9 SMP ICM BSD dengan tahapan-tahapan yang ditetapkan dapat membentuk karakter peserta didik yang islami sesuai dengan indikator-indikatornya. Program SLC menjadi salah satu program inovasi dalam rangka pembentukan karakter peserta didik yang islami. Adapun faktor pendukung penerapan program SLC di kelas 9 SMP ICM BSD Kelurahan Ciater, Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan adalah adanya dukungan yang baik dari sekolah, orang tua, dan peserta didik. Faktor penghambatnya adalah: Keterlambatan atau ketidakhadiran orang tua untuk hadir di sekolah sesuai jadwal dan waktu yang ditentukan. Orang tua merasa kesulitan untuk memahami materi-materi yang disampaikan oleh peserta didik pada saat SLC. Bagi guru di sekolah, banyaknya program yang harus diselesaikan dalam waktu yang hampir bersamaan.