dc.description.abstract |
Latar belakang penelitian ini dihadapkan pada
kompetensi kepribadian guru PAI terhadap perilaku keagamaan
siswa, namun sejauh ini belum diketahui pengaruhnya terhadap
perilaku keagamaan siswa. Dengan demikian masalah
penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kompetensi
kepribadian guru PAI terhadap perilaku keagamaan siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk 1. mendeskripsikan pengaruh
kompetensi kepribadian guru PAI terhadap perilaku keagamaan
siswa pada bidang studi PAI 2. Untuk menemukan ada atau
tidaknya pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap
perilaku keagamaan siswa.3. Untuk menemukan seberapa
besar pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap
perilaku keagamaan siswa.
Dalam penelitian ini digunakan pendekatan deskriptif
kuantitatif dengan menggunakan survai. Yang menjadi populasi
target adalah siswa kelas X dengan jumlah sampel penelitian
10% atau sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data
,menggunakan: 1). Observasi, 2). Kuesioner/angket, 3).
Dokumentasi.
Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian yang
telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan
pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap perilaku keagamaan siswa di SMAN 17 Kab. Tangerang berdasarkan
hasil perhitungan yang diperoleh dari pengujian yang
menggunakan korelasi product moment pearson pada SPSS dan
menghasilkan output koefisien sebesar 0,387 karena koefisien
tidak mendekati 1 maka dapat disimpulkan bahwa hubungan
pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap perilaku
keagamaan siswa rendah karena dilihat dari r hitungnya 0,387
dan nilai tersebut berada pada interval rendah. Kemudian dari
output tersebut diperoleh signifikansi (Sig 2-tailed) sebesar
0,000. Karena signifikansi, 0,05 maka Ho ditolak dan Ha
diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif
antara pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap
perilaku keagamaan siswa di SMAN 17 Kab. Tangerang. |
en_US |