DSpace Repository

Penerapan Discovery Learning dan Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Pada PAI di MTSN 1 Kota Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fajar Syarif
dc.contributor.advisor Pahrurraji
dc.contributor.author Komarudin, 220430283
dc.date.accessioned 2024-10-17T03:55:04Z
dc.date.available 2024-10-17T03:55:04Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3785
dc.description.abstract Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai Penerapan Discovery Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Pada PAI Di MTSN 1 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan sekunder. Adapaun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawanvara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1)Penerapan pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran PAI di MTSN 1 Kota Tangerang Selatan mata pelajaran Al-Quran Hadis dan Fikih kelas 7 dengan menerapkan enam langkah yaitu : Pemberian rangsangan atau stimulus (Stimulation), Identifikasi masalah (Problem Statemen), Pengumpulan data (data collection), Pengolahan data (data Processing), Pembuktian (verification) dan Menarik kesimpulan (Generalization). Model pembelajaran discovery learning yang digunakan adalah model guided discovery. Penerapan pembelajaran problem based Learning pada mata pelajaran fikih kelas 7 dengan menerapakan empat langkah, yaitu : Mengorientasikan peserta didik terhadap masalah, Mengorientasikan peserta didik untuk belajar, Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. 2) Penerapan pembelajaran model discovery learning dan problem based learning yang diterapkan pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis dan Fikih di kelas tujuh MTSN 1 Kota Tangerang Selatan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik MTSN 1 Kota Tangerang Selatan. Keterampilan berpikir kritis membantu peserta didik memahami dan memecahkan masalah yang dihadapinya dengan lebih baik dalam menganalisis, mengevaluasi, dan menginterpretasikan pemikirannya. 3) Faktor pendukung dan penghambat implemtasi pembelajaran discovery learning dan problem based Learning pada mata pelajaran PAI di MTSN 1 Kota Tangerang Selatan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik terdapat tiga faktor, yaitu : Kompetensi guru, peserta didik dan linkungan pendidikan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Discovery Learning en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.subject Berpikir Kritis en_US
dc.title Penerapan Discovery Learning dan Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Pada PAI di MTSN 1 Kota Tangerang Selatan en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account