dc.description.abstract |
Bagi kaum (difabel) atau penyandang cacat diantaranya
penyandang tunanetra, sampai sekarang ini masih kurang
mendapatkan perhatian khusus dari kalangan masyarakat.
Padahal, setiap insan didunia ini berhak memperoleh
pendidikan, untuk mengembangkan potensi yang ada di dalam
dirinya. Sementara itu, pendidikan Al-Qur’an merupakan
faktor terpenting sebagai pedoman hidup yang abadi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada
korelasi yang sifnifikan antara Al-Qur’an Braille terhadap
prestasi baca tulis Al-Qur’an pada Anak Tunanetra? (Ha),
ataukah tidak terdapat korelasi yang signifikan antara Al-
Qur’an Braille terhadap prestasi baca tulis Al-Qur’an pada
Anak Tunanetra?. Di Pondok Pesantren Raudhatul Makfufin
Serpong Tangerang Selatan.
Adapun untuk menjawab rumusan masalah di atas
ialah, penyusun menggunakan Penelitian Lapangan (field
research), sehingga metode yang digunakan adalah metode
korelasional dengan menggunakan analisis product moment.
Adapun metode pengumpulan data dengan menggunakan
metode observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat
korelasi yang signifikan baik pada variabel X yaitu Al-Qur’an
Braille terhadap variabel Y yaitu Prestasi Baca Tulis Al-Qur’an
pada Anak Tunanetra. Dengan diketahui dari nilai r hitung
lebih besar dari pada r tabel baik pada taraf signifikan 5%=
0,444 < 0,970 dan Pada taraf signifikan 1% = 0,561 < 0,970.
Maka dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yang
menyatakan “Terdapat Korelasi antara Al-Qur’an Braille
terhadap Perestasi Baca Tulis Al-Qur’an pada Anak
Tunanetra di Pondok Pesantren Raudhatul Makfufin Serpong
Tangerang Selatan” diterima. |
en_US |