Abstract:
Dalam kajian teoris, penulis memaparkan berbagai
macam pengertian dan keutamaan yang berkaitan dengan
rutinitas tadarrus Al-Quran dengan akhlak siswa dalam
kehidupan sehari-hari. Peneliti menggunakan pendekatan
kuantitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi,
kuesioner, dan wawancara. Adapun teknik pengolahan data
penulis menggunakan korelasi product moment dan di bantu
dengan program SPSS versi 22 for windows. Subjek penelitian
ini adalah siswa SMP Al-Chasanah, Tanjung Duren jakarta
barat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 64, karena
populasi yang ada kurang dari 100 siswa, maka penelitian ini
dinamakan penelitian populasi sehingga responden diambil
seluruhnya.
Setelah melakukan analisa data menggunakan hitungan
manual product moment maka menghasilkan r hitung lebih besar
dari pada r tabel rh > rt pada signifikansi 5% yaitu 0,568 > 0,250
maupun pada signifikansi 1% yaitu 0,568 > 0,325. Dengan
demikian maka hubungan rutinitas tadarrus Al-Quran dengan
akhlak siswa tergolong sedang. Kemudian penulis juga
melakukan analisa data menggunakan perhitungan korelasi
pearson menggunakan SPSS versi 22 for windows, maka dari
data tersebut diperoleh output koefisien sebesar 0,568.
Kemudian dari output tersebut diperoleh signifikansi (Sig 2-
tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka Hoditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa hubungan antara rutinitas tadarrus Al-Quran dengan
akhlak siswa adalah tergolong sedang.
Jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif
antara runititas tadarrus Al-Quran dengan akhlak siswa.
Sehingga dapat dikatakan semakin baik penerapan tadarrus Al-
Quran di sekolah, maka semakin baik pula akhlak siswa kelas
VIII di SMP Al-Chasanah nantinya.