Abstract:
Kepemimpinan merupakan proses mempengaruhi
kegiatan seseorang atau kelompok dalam usaha kearah
pencapaian tujuan dalam situasi tertentu. Salah satu kegiatan
yang dilakukan di sekolah untuk melatih jiwa kepemimpinan
siswa adalah kegiatan latihan dasar kepemimpinan siswa.
Kegiatan latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) adalah
sebuah pelatihan tentang segala hal yang berkaitan dengan
kepemimpinan. Dimana kegiatan ini sangat penting bagi siswa
untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan memberikan
bekal kepemimpinan bagi siswa.
Metodologi yang penulis gunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis
korelasional. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang
penulis gunakan adalah teknik random sampling dengan
penentuan sampel sebanyak 45 siswa dari 185 siswa yang
mengikuti Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa.
Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket
langsung. Serta teknik analisis data menggunakan cara rumus
product moment.
Hasil analisis data penelitian menunjukan rxy = 0,366
lebih besar dari pada rt pada signifikan 5% yaitu 0,288. Hal ini menunjukan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara
Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa Terhadap Jiwa
Kepemimpinan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok
Pesantren Khairul Ummah Penjaringan Jakarta Utara.
Kemudian hasil analisis data penelitian ini juga dapat
dibuktikan berdasarkan perhitungan rxy = 0,366 yang terletak
antara 0,20-0,40 yang berarti antara Variabel X dan Variabel Y
terdapat korelasi yang lemah atau rendah. Hal ini menunjukan
bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Kegiatan
Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa Terhadap Jiwa
Kepemimpinan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok
Pesantren Khairul Ummah Penjaringan Jakarta Utara.