dc.description.abstract |
Dapat diketahui bahwa kepribadian guru yang baik
maka akan timbul dalam diri siswa untuk senang mempelajari
mata pelajaran tersebut, sehingga prestasi belajar siswa akan
semakin meningkat. Hal ini merupakan hal yang sangat penting
dalam mencapai suatu tujuan terlaksananya suatu kegiatan atau
aktifitas pembelajaran. Masalah yang akan dibahas dalam
masalah ini adalah 1) Bagaimana kepribadian guru mata
pelajaran Akidah-Akhlak kelas IV di MIN Pondok Pinang? 2)
Bagaimana prestasi belajar siswa kelas IV di MIN 4 Pondok
Pinang? 3)Apakah ada pengaruh kepribadian guru mata
pelajaran Akidah-Akhlak terhadap prestasi belajar siswa kelas
IV di MIN 4 Pondok Pinang?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa
besar pengaruh kepribadian guru mata pelajaran Akidah-
Akhlak terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di MIN 4
Pondok Pinang. Dengan populasi sebanyak 96 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan
deskriptif analisis yang didukung dengan teknik-teknik
pengumpulan data melalui penyebaran angket yang berisi
sejumlah pertanyaan tentang kepribadian angket ini dibagikan
kepada responden yaitu siswa-siswa kelas IV di MIN 4 Pondok
Pinang, jawaban angket tersebut dihitung dengan rumus
prosentase kemudian diolah dan dijelaskan secara deskriptif,
sedangkan prestasi belajar siswa diambil dari nilai raport pada
semester genap, selain itu penulis memperoleh dari penunjang
lainnya melalui wawancara dengan kepala sekolah mengenai
kepribadian dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
Akidah-Akhlak. Kemudian setelah itu hasil angket tentang
kepribadian dan nilai prestasi belajar, lalu penulis menghitung
kedua variabel tersebut dengan menggunakan product moment.
Hal ini untuk mengetahui pengaruh kedua variabel tersebut.
Setelah penelitian ini dilakukan, maka penulis
memperoleh hasil penelitian dengan angka korelasi sebesar,
0,136 yang berarti terdapat korelasi positif (korelasi yang
sejalan arah), namun tergolong korelasi yang rendah. Yang
terletak antara 0,0-0,20. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa kepribadian guru mata pelajaran Aqidah-akhlak
mempunyai pengaruh yang rendah terhadap prestasi belajar
siswa kelas IV di MIN 4 Pondok Pinang. |
en_US |