DSpace Repository

Penggunaan E-Modul Berbasis Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Capaian Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Pembangunan Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Reksiana
dc.contributor.author Afza Zulfa Laila, 20312202
dc.date.accessioned 2024-11-01T05:12:27Z
dc.date.available 2024-11-01T05:12:27Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3991
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi digital yang sangat pesat yang sudah memasuki berbagai aspek kehidupan, salah satunya ke dalam dunia pendidikan. Di MTs Pembangunan Jakarta sudah menggunakan bahan ajar digital berupa E-modul yang dimana menjadi tuntutan bagi guru untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam menggunakan teknologi secara efektif dalam kegiatan mengajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan E-modul berbasis aplikasi Canva dalam meningkatkan capaian pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Pembangunan Jakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Madrasah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum, 2 Guru Al-Qur’an Hadis, dan 4 Peserta Didik Kelas VII dan VIII MTs Pembangunan Jakarta. Dan teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan E-modul berbasis aplikasi Canva dalam meningkatkan capaian pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Pembangunan Jakarta sudah berjalan dengan baik. Kemampuan guru AlQur’an Hadis yang sudah menyesuaikan dengan pembelajaran digital dimana Madrasah juga mengadakan workshop bagi guru. Pencapaian peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis meliputi tiga aspek yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dengan melihat kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an dan Hadis dengan benar, serta hafalan ayat-ayat Al-Qur’an, pengenalan arti atau makna secara sederhana surah pendek dan hadis melalui pembiasaan sudah termasuk kedalam kategori nilai kognitif C1-C5. Dengan pemberian tugas dari guru berupa membuat materi presentasinya masingmasing peserta didik sudah masuk kategori menciptakan (create) atau C6 penilaian kognitifnya. Adapun penentuan keberhasilan capaian pembelajaran yang diraih oleh peserta didik dapat dilihat dari nilai sikap sehari-hari, nilai keterampilan membaca Al-Qur’an, dan nilai pengetahuan yang didapat ketika penilaian harian (PH) maupun penilaian akhir semester (PAS). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pembelajaran Digital en_US
dc.subject Capaian Pembelajaran Al-Qur’an Hadis en_US
dc.subject E-modul Canva en_US
dc.title Penggunaan E-Modul Berbasis Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Capaian Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Pembangunan Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account