dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi digital yang
sangat pesat yang sudah memasuki berbagai aspek kehidupan, salah satunya
ke dalam dunia pendidikan. Di MTs Pembangunan Jakarta sudah
menggunakan bahan ajar digital berupa E-modul yang dimana menjadi
tuntutan bagi guru untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam
menggunakan teknologi secara efektif dalam kegiatan mengajar. Tujuan
penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan E-modul berbasis aplikasi
Canva dalam meningkatkan capaian pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs
Pembangunan Jakarta.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari Kepala
Madrasah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum, 2 Guru Al-Qur’an Hadis,
dan 4 Peserta Didik Kelas VII dan VIII MTs Pembangunan Jakarta. Dan teknik
analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan
simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan E-modul berbasis
aplikasi Canva dalam meningkatkan capaian pembelajaran Al-Qur’an Hadis di
MTs Pembangunan Jakarta sudah berjalan dengan baik. Kemampuan guru AlQur’an Hadis yang sudah menyesuaikan dengan pembelajaran digital dimana
Madrasah juga mengadakan workshop bagi guru. Pencapaian peserta didik
pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis meliputi tiga aspek yaitu sikap,
pengetahuan, dan keterampilan. Dengan melihat kemampuan membaca dan
menulis Al-Qur’an dan Hadis dengan benar, serta hafalan ayat-ayat Al-Qur’an,
pengenalan arti atau makna secara sederhana surah pendek dan hadis melalui
pembiasaan sudah termasuk kedalam kategori nilai kognitif C1-C5. Dengan
pemberian tugas dari guru berupa membuat materi presentasinya masingmasing peserta didik sudah masuk kategori menciptakan (create) atau C6
penilaian kognitifnya. Adapun penentuan keberhasilan capaian pembelajaran
yang diraih oleh peserta didik dapat dilihat dari nilai sikap sehari-hari, nilai keterampilan membaca Al-Qur’an, dan nilai pengetahuan yang didapat ketika
penilaian harian (PH) maupun penilaian akhir semester (PAS). |
en_US |