dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswi yang motivasi menghafalnya
lemah yang menyebabkan siswi tidak mampu mencapai target Tahfiz yang
telah ditentukan sekolah, sehingga guru Tahfiz sebagai pembimbing siswi
dalam proses menghafal Al-Qur’an bagaimana perannya dalam meningkatkan
motivasi menghafal Al-Qur’an siswi. Tujuan penelitian ini ialah untuk
mengetahui bagaimana peran guru Tahfiz dalam meningkatkan motivasi
menghafal Al-Qur’an siswi di SMAIT Assyifa Boarding School Jalancagak
Subang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif dan jenis penelitian ini yakni kualitatif lapangan (field
research). Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data primer dan
sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data,
kesimpulan.
Hasil penelitian ini ialah guru Tahfiz di SMAIT As-Syifa Boarding School
Jalancagak Subang telah melakukan perannya sebaik mungkin, ditunjukkan
oleh adanya peran guru dalam memberikan motivasi kepada siswi seperti
memberikan kata-kata positif, menceritakan kisah inspiratif dan mengingatkan
tujuan menghafal Al-Qur’an. Selain itu, adanya peran guru Tahfiz dalam
memberikan tugas dan punishment kepada siswi, tugas yang diberikan oleh
guru Tahfiz seperti memberikan target hafalan harian kepada setiap siswi, dan
punishment yang diberikan untuk mendisiplinkan siswi berupa perpanjangan
waktu Tahfiz ketika siswi datang terlambat. Lalu adanya peran guru Tahfiz
dalam membimbing siswi agar tetap muraja’ah (mengulang hafalan) terutama
pada siswi yang kurang mampu dalam memuraja’ah hafalannya akan
dibimbing sedikit demi sedikit hingga siswi terbiasa untuk memuraja’ah
hafalannya. Adapun motivasi menghafal Al-Qur’an pada siswi meningkat
ditunjukkan dengan adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil pada siswi,
adanya dorongan dan kebutuhan untuk melakukan kegiatan, adanya harapan
dan cita-cita pada siswi, adanya penghargaan dan penghormatan, adanya
lingkungan yang baik, dan adanya kegiatan yang menarik dalam proses menghafal Al-Qur’an. |
en_US |