dc.contributor.advisor |
Esi Hairani |
|
dc.contributor.author |
Amanda Sahla Febriani, 20312274 |
|
dc.date.accessioned |
2024-11-01T05:18:09Z |
|
dc.date.available |
2024-11-01T05:18:09Z |
|
dc.date.issued |
2024 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3993 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa
kelas V di SDIT Darul Qur’an Mulia. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari
siswa kelas V, guru PAI, dan kepala sekolah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL pada
pembelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa lebih mampu
mengaitkan materi pelajaran dengan konteks kehidupan sehari-hari,
menerapkan nilai-nilai islami dalam perilaku mereka, dan menunjukkan
peningkatan partisipasi aktif alam proses pembelajaran. Selain itu, guru PAI
juga melaporkan bahwa model CTL membantu mereka dalam merancang
pembelajaran yang lebih menarik dan relevan bagi siswa.
Kesimpulannya, implementasi model CTL dalam pembelajaran PAI di
SIDT Darul Qur’an Mulia efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Rekomendasi yang diberikan kepada pihak sekolah untuk terus
mengembangkan dan menerapkan model CTL dalam berbagai mata pelajaran
guna mencapai hasil belajar yang optimal. |
en_US |
dc.language.iso |
id |
en_US |
dc.publisher |
Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
en_US |
dc.subject |
Contextual Teaching and Learning |
en_US |
dc.subject |
Pendidikan Agama Islam |
en_US |
dc.subject |
Hasil Belajar |
en_US |
dc.title |
Implementasi Model Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDIT Darul Qur’an Mulia Bogor |
en_US |
dc.type |
Skripsi |
en_US |