DSpace Repository

Implementasi Model Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDIT Darul Qur’an Mulia Bogor

Show simple item record

dc.contributor.advisor Esi Hairani
dc.contributor.author Amanda Sahla Febriani, 20312274
dc.date.accessioned 2024-11-01T05:18:09Z
dc.date.available 2024-11-01T05:18:09Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3993
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDIT Darul Qur’an Mulia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas V, guru PAI, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL pada pembelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa lebih mampu mengaitkan materi pelajaran dengan konteks kehidupan sehari-hari, menerapkan nilai-nilai islami dalam perilaku mereka, dan menunjukkan peningkatan partisipasi aktif alam proses pembelajaran. Selain itu, guru PAI juga melaporkan bahwa model CTL membantu mereka dalam merancang pembelajaran yang lebih menarik dan relevan bagi siswa. Kesimpulannya, implementasi model CTL dalam pembelajaran PAI di SIDT Darul Qur’an Mulia efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Rekomendasi yang diberikan kepada pihak sekolah untuk terus mengembangkan dan menerapkan model CTL dalam berbagai mata pelajaran guna mencapai hasil belajar yang optimal. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Contextual Teaching and Learning en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Implementasi Model Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDIT Darul Qur’an Mulia Bogor en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account