dc.description.abstract |
Penelitian ini di latar belakang oleh semakin banyaknya pendidikan
sekolah yang berbasis Islami, salah satunya adalah SMP Model Ar-Riyadh
Insan Cendekia Bekasi. Penulis tertarik terhadap karakter siswa SMP Model
Ar-Riyadh yang terbentuk dari program tadarus keliling. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui nilai karakter apa saja yang terkandung dari
program tadarus keliling.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif. Dalam penelitian ini, penulis berusaha menggambarkan secara jelas
dan sistematis kegiatan yang penulis teliti pada objek tertentu. Sumber data
utama penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas 8, siswa kelas 8D dan
wali murid kelas 8D. Adapun sumber data sekunder adalah buku, jurnal,
skripsi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan tadarus keliling di SMP
Model Ar-Riyadh Insan Cendekia Bekasi dilaksanakan setiap bulan di hari
Jum’at minggu pertama setelah sholat jum’at/dzuhur jam 13.15 WIB sampai
jam 16.00. Kegiatan tersebut meliputi tadarus Al-Qur’an, kultum yang
dibacakan oleh siswa, sambutan dari tuan rumah dan pemberian penguatan
dari wali kelas, kemudian ditutup dengan berbincang santai disertai dengan
jamuan dari orang tua. (2) Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam kegiatan
tadarus keliling di SMP Model Ar-Riyadh meliputi: karakter religius, karakter
disiplin, karakter tanggung jawab dan karakter peduli sosial. |
en_US |