DSpace Repository

Penerapan Metode Bernyanyi dalam Menguatkan Daya Ingat Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Istiqlal Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fajar Syarif
dc.contributor.author Miski Arsyani, 20312293
dc.date.accessioned 2024-11-01T05:31:58Z
dc.date.available 2024-11-01T05:31:58Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3997
dc.description.abstract Dalam dunia pendidikan metode pembelajaran sangat penting untuk membantu peserta didik dalam memahami dan mengingat informasi dengan baik. Sering kita jumpai banyak guru yang masih menggunakan metode pembelajaran seperti ceramah dan pembacaan buku teks yang menyebabkan pembelajaran terkesan monoton, sehingga menyebabkan menurunnya keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar, kurang antusias, bahkan merasa bosan menyebabkan peserta didik sibuk dengan dunianya sendiri. Dengan adanya permasalahan ini, peneliti merasa tertarik untuk membahas mengenai penerapan metode bernyanyi dalam menguatkan daya ingat sebagai pendekatan yang lebih kreatif dan interaktif. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode bernyanyi dalam menguatkan daya ingat pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Istiqlal Jakarta. Penelitian ini berfokus pada penerapan metode bernyanyi dalam menguatkan daya ingat pada mata pelajaran Akidah Akhlak, dalam beberapa referensi yang peneliti temui metode bernyanyi ini juga mampu meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitiannya berupa data primer yaitu menggunakan metode wawancara dan survei, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku ataupun jurnal. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam memperoleh informasi berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ada tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode bernyanyi pada mata pelajaran akidah akhlak memiliki dampak positif dalam menguatkan daya ingat siswa. Metode ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Karena metode bernyanyi membuat pembelajaran menjadi aktif, menyenangkan serta menciptakan pengalaman belajar yang dapat membantu siswa lebih mudah dalam mengingat juga memahami materi akidah akhlak yang diajarkan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Bernyanyi en_US
dc.subject Daya Ingat en_US
dc.subject Akidah Akhlak en_US
dc.title Penerapan Metode Bernyanyi dalam Menguatkan Daya Ingat Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Istiqlal Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account