dc.description.abstract |
Dalam dunia pendidikan metode pembelajaran sangat penting untuk
membantu peserta didik dalam memahami dan mengingat informasi dengan
baik. Sering kita jumpai banyak guru yang masih menggunakan metode
pembelajaran seperti ceramah dan pembacaan buku teks yang menyebabkan
pembelajaran terkesan monoton, sehingga menyebabkan menurunnya
keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar, kurang antusias, bahkan
merasa bosan menyebabkan peserta didik sibuk dengan dunianya sendiri.
Dengan adanya permasalahan ini, peneliti merasa tertarik untuk membahas
mengenai penerapan metode bernyanyi dalam menguatkan daya ingat sebagai
pendekatan yang lebih kreatif dan interaktif.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan
metode bernyanyi dalam menguatkan daya ingat pada mata pelajaran Akidah
Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Istiqlal Jakarta. Penelitian ini berfokus pada
penerapan metode bernyanyi dalam menguatkan daya ingat pada mata
pelajaran Akidah Akhlak, dalam beberapa referensi yang peneliti temui
metode bernyanyi ini juga mampu meningkatkan motivasi belajar.
Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Sumber data penelitiannya berupa data primer yaitu
menggunakan metode wawancara dan survei, sedangkan data sekunder
diperoleh dari buku ataupun jurnal. Teknik pengumpulan data yang digunakan
peneliti dalam memperoleh informasi berupa observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ada tiga tahap, yaitu reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode bernyanyi pada
mata pelajaran akidah akhlak memiliki dampak positif dalam menguatkan
daya ingat siswa. Metode ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan
siswa selama proses pembelajaran. Karena metode bernyanyi membuat pembelajaran menjadi aktif, menyenangkan serta menciptakan pengalaman
belajar yang dapat membantu siswa lebih mudah dalam mengingat juga
memahami materi akidah akhlak yang diajarkan. |
en_US |