Abstract:
Al-Qur’an adalah karunia teragung yang Allah limpahkan kepada umat
manusia. Al-Qur’an adalah pedoman hidup yang akan membawa umat
manusia kepada kebahagiaan dan keselamatan di Dunia maupun Akhirat. Saat
membaca Al-Qur’an jiwa terasa tenang dan tentram dan untuk proses
pembelajaran dibutuhkan jiwa dan fikiran yang tenang. Untuk menumbuhkan
kecintaan umat manusia terhadap Al-Qur’an dibutuhkan pembiasaan membaca
Al-Qur’an sejak dini. Oleh sebab itu, pada Penulisan ini Penulis tetarik untuk
mengetahui seberapa berpengaruhnya rutinitas membaca Al-Qur’an terhadap
prestasi belajar siswa.
Penulisan ini menggunakan Penulisan Kuantitatif, Penulisan ini
dilakukan pada siswa kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 MIS Jam’iyatul Falah yang
dimulai pada bulan Mei 2024. Metode yang digunakan penulis adalah metode
observasi, metode dokumentasi dan metode angket/ kuesioner. Populasi siswa
sebanyak 100 orang. Dalam Penulisan ini Penulis memilih menggunakan
teknik saturation sampling dikarenakan penulis mengikut sertakan semua
anggota populasi pada Penulisan ini.
Hasil Penulisan menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara rutinitas
membaca Al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa. Dengan temuan
pengujian hipotesis pada Penulisan ini penulis menggunakan uji sederhana
dengan nilai signifikasi 0,001 < 0,05, dan juga hasil t hitung diperoleh sebesar
3,840 > 1,984 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima
yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara rutinitas membaca AlQur’an (X) terhadap prestasi belajar (Y). dan pada nilai R square sebesar 0,131
dan dapat diinterpretasikan bahwa rutinitas membaca Al-Qur’an Siswa (X)
memiliki pengaruh sebanyak 13,1% terhadap Prestasi belajar siswa (Y).