DSpace Repository

Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dengan Kurikulum Pesantren pada Mata Pelajaran PAI di Pondok Pesantren alAmanah al-Gontory

Show simple item record

dc.contributor.advisor Reksiana
dc.contributor.author Nurhaliza Sy, 20312330
dc.date.accessioned 2024-11-01T05:39:25Z
dc.date.available 2024-11-01T05:39:25Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4000
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi karena munculnya kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka dan pemulihan sistem pendidikan dari krisis belajar. Salah satunya, perlu ada upaya yang melibatkan penguatan kapasitas guru. Perubahan kurikulum dapat mendukung upaya dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum merdeka dengan kurikulum pesantren khususnya pada mata pelajaran PAI kelas IX Pondok Pesantren al-Amanah al-Gontory Tangerang Selatan. Melalui penerapan kurikulum ini, diharapkan santriwan dan santriwati tidak hanya memiliki pengetahuan umum dan agama, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu terdiri dari bagian kurikulum, guru PAI, pengasuhan santriwan dan santriwati serta para peserta didik kelas IX MTs al-Amanah al-Gontory, Tangerang Selatan. Tehnik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, analisis data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka dengan kurikulum pesantren pada mata pelajaran PAI penting untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan mengembangkan kompetensi santriwan dan santriwati. Dalam pelaksanaannya sudah berjalan dengan baik dan lancar, salah satunya dengan adanya projek penguatan profil pelajar pancasila, pembelajaran berdiferensiasi dan metode pembelajaran yang bervariasi. Namun ada beberapa kendala terkait dengan penyesuaian kurikulum, karena banyak guru yang masih memerlukan waktu untuk mengikuti pelatihan mengenai penerapan kurikulum merdeka dengan kurikulum pesantren dalam pembelajaran PAI. Selain itu kurangnya penyesuaian waktu pembelajaran yang tidak sesuai dengan kegiatan sekolah dan kegiatan pesantren. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Kurikulum Merdeka en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Kurikulum Pesantren en_US
dc.title Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dengan Kurikulum Pesantren pada Mata Pelajaran PAI di Pondok Pesantren alAmanah al-Gontory en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account