Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi pada saat belajar pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam pada umumnya memang sangat menjenuhkan, dan
jarang peserta didik tertarik dengan pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam,
disinilah guru mata pelajaran dituntut untuk kreatif mengemas materi
pembelajaran agar terlihat menarik dan tidak membosankan. Pada masa
sekarang penyampaian materi bukan hanya dengan berceramah saja,
dimana guru yang memberikan semua informasi kepada peserta didik,
dengan berbicara panjang lebar dihadapan peserta didik, tetapi guru juga
bisa memanfaatkan komputer dan sejenisnya guna membantu
menyampaikan materi kepada peserta didik.
Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan
literasi digital dalam kesiapan guru mengajar mata pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam selama satu semester genap tahun ajaran 2023/2024
dengan adanya literasi digital di Kelas IV MI Mumtaza Islamic School
Tangerang Selatan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis,
selanjutnya menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi
kelas, wawancara dengan guru, kepala sekolah, peserta didik, dan analisis
beberapa dokumen yang diperlukan. Teknik analisis datanya
menggunakan reduksi data dari Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan literasi digital
dalam pemahaman pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI
Mumtaza Islamic School berjalan dengan baik, dengan bukti penelitian
sebagai berikut: Bahwa pemanfaatan literasi digital di MI Mumtaza
Islamic School sudah maksimal, dimulai dari pencarian materi SKI.
Dalam penerapannya guru memanfaatkan media sosial sebagai bahan
pencarian informasi dan pengetahuan seputar SKI, guru mengarahkan peserta didik untuk mengetahui lebih banyak pengetahuan melalui media
digital, guru memiliki kemampuan dalam menilai materi SKI, guru
mampu membentuk pengetahuan melalui media digital.