dc.description.abstract |
Penulisan ini dilatar belakangi karena masih banyaknya siswa atau
remaja yang berperilaku negatif, maka diperlukan adanya dakwah dan
penanaman nilai-nilai keislaman dalam diri setiap siswa. Namun demikian
dalam berdakwah tentu dibutuhkan kepercayaan diri dari setiap individu,
maka dalam penelitian ini akan membahas adanya salah satu program
keagamaan di sekolah yaitu kegiatan Muḥāḍharah, dengan adanya program
Muḥāḍharah ini dapat menanamkan nilai keislaman pada peserta didik serta
dapat mengembangkan kemampuan bakat, minat dan proses pengembangan
pendewasaan kemajuan mereka di masa depan terutama dalam hal dakwah
serta melatih mereka untuk percaya diri dan bertanggung jawab. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan kegiatan Muḥāḍharah di SMPI
Nurul Hidayah Depok, (2) Upaya apa saja yang dilakukan untuk
meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam kegiatan Muḥāḍharah.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Sumber data utama penelitian ini adalah kepala
sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, koordinator bidang
keagamaan, dan beberapa siswa SMP Islam Nurul Hidayah Depok. Teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang
diperoleh secara langsung dari penelitian berupa catatan, rekaman, foto dan
data-data dari sumber yang terkait dalam penelitian. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan muḥāḍharah sudah
cukup baik untuk melatih keberanian kemampuan berbicara serta
meningkatkan kepercayaan diri siswa untuk tampil di depan banyak orang.
Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari jum’at pukul 07.15-08.00 WIB yang
diikuti oleh semua siswa mulai dari kelas VII-IX. Kegiatan muḥāḍharah ini
menggunakan bahasa Indonesia dengan metode naskah dan memoriter, untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam kegiatan muḥāḍharah yaitu
dengan melatih dan membiasakan siswa untuk berperan aktif dalam
pembelajaran serta mengikutsertakan siswa dalam berbagai perlombaan yang
terintegrasi dengan kegiatan muḥāḍharah baik dalam acara PHBI,
perlombaan antar sekolah, kecamatan ataupun kota. |
en_US |