dc.description.abstract |
Kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan tertinggi, yang diperlukan
seseorang untuk menghadapi masalah kehidupan yang berkenaan dengan
makna dan nilai, dalam upaya penghindaran anak-anak agar tidak terjerumus
pada masalah krisis spiritual, diperlukannya pemahaman agama berupa
implementasi pembiasaan kegiatan positif di sekolah melalui kegiatan
pembiasaan menghafal Al-Qur’an. Tujuan penelitan ini adalah untuk
mengetahui pengaruh pembiasaan menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan
spiritual siswa kelas 4 MI Al-Mursyidiyyah Pamulang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
korelasi, analisis data regresi. Teknik sampling digunakan adalah saturation
sampling dengan sampel yang digunakan berjumlah 64 responden peserta
didik (terdiri 33 laki-laki dan 31 perempuan), dan sampel yang digunakan
adalah keseluruhan dari populasi.
Hasil penelitian yang diperoleh dari analisis regresi linier sederhana
menunjukkan bahwa nilai probabilitas lebih besar dari nilai signifikansi
(0,05>0,000) yang artinya bahwa hipotesis penelitian (Ha) diterima. Hal ini
menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara menghafal AlQur’an terhadap kecerdasan spiritual pada siswa kelas 4 MI Al-Mursyidiyyah
Pamulang. Adapun pembiasaan menghafal Al-Qur’an memiliki pengaruh
sebesar 74% terhadap kecerdasan spiritual dan 26% dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak diteliti oleh penulis. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa
semakin tinggi tingkat pembiasan menghafal Al-Qur’an maka, semakin tinggi
pula kecerdasan spiritualnya. |
en_US |