dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adakah pengaruh dalam program
tahfiz subuh di Syafana Islamic School Primary ini terhadap motivasi hafalan
siswa dan berapa persenkah pengaruhnya pasalnya sangat jarang ditemukan
ada program tahfiz untuk tingkat sekolah dasar dan bukan pondok pesantren
yang mengadakan program tahfiz di waktu subuh.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
program tahfiz subuh terhadap motivasi hafalan siswa kelas 4, 5 dan 6 di
Syafana Islamic School Primary dan seberapa besar pengaruh dari program
tersebut. Manfat penelitian ini sebagai bahan masukan lembaga sekolah untuk
meningkatkan program tahfiz. Variabel dalam penelitian ini adalah program
tahfiz subuh sebagai variable X dan motivasi hafalan sebagai variabel Y.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode
kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas 4, 5 dan 6 Syafana Islamic School Primary yang
mengikuti program tahfiz subuh dengan jumlah sampel 50 siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan penyebaran angket, observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi
sederhana dan uji determinasi untuk mengetahui kebenaran hipotesis dan
presentasi pengaruhnya.
Temuan dalam penelitian ini adalah berdasarkan hasil angket yang
disebarkan kepada 50 siswa diperoleh hasil bahwa adanya pengaruh program
tahfiz subuh terhadap motivasi hafalan siswa kelas 4, 5 dan 6 di Syafana
Islamic School Primary. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar
dari t tabel (7,396 > 2,011) yang berarti terdapat pengaruh antara program
tahfiz subuh terhadap motivasi hafalan. kemudian dilakukan uji determinasi
diperoleh hasil persentasi pengaruh program tahfiz subuh terhadap motivasi
hafalan siswa kelas 4, 5 dan 6 di Syafana Islamic School Primary sebesar
53,3%. |
en_US |