dc.description.abstract |
Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan adalah masalah lemahnya
proses pembelajaran serta kurangnya semangat belajar peserta didik dalam
mengikuti proses pembelajaran di kelas, terlebih dalam pembelajaran Baca
Tahfiz Al-Qur’an. Karena itu diperlukan suatu metode menghafal yang
inovatif salah satunya adalah dengan metode drill atau biasa disebut dengan
metode latihan untuk mewujudkan peserta didik yang mampu menjadi
penghafal Al-Qur’an.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi
metode drill dalam meningkatkan kualitas pembelajaran baca tahfiz Al-Qur’an
siswa kelas 5 MIN 2 Tangerang Selatan, dan untuk mengetahui indikator
kualitas pembelajaran baca tahfizh Al-Qur’an yang digunakan siswa tersebut.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta
menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Implementasi metode
drill dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Baca Tahfiz Al-Qur’an pada
siswa kelas 5 MIN 2 tangerang Selatan adalah terdiri dari tiga tahap, tahap
perencanaan meliputi guru harus menyusun silabus dan rancangan pelaksanaan
pembelajaran (RPP) sebelum pembelajaran dilaksanakan, menentukan tujuan,
materi, metode dan media pembelajaran, tahap pelaksanaan meliputi kegiatan
pendahuluan, kegiatan inti dan penutup, serta tahap evaluasi belajar meliputi
tes lisan dan tes tulis. 2). Indikator kualitas pembelajaran yang digunakan pada
pelajaran Baca tahfizh Al-Qur’an pada siswa MIN 2 Tangerang Selatan adalah
pembelajaran yang mencapai tujuan pembelajaran meskipun belum terlaksana dengan baik, peserta didik aktif, kreatif, dan mandiri dalam pembelajaran,
pembelajaran dirasakan manfaatnya dan mempunyai nilai-nilai (values) yang
dapat di implementasikan dalam kehidupan, dll. |
en_US |