DSpace Repository

Implementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Baca Tahfiz Al-Qur’an pada Siswa MIN 2 Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Esi Hairani
dc.contributor.author Ayu Ratna Febrianti, 20312318
dc.date.accessioned 2024-11-01T06:58:03Z
dc.date.available 2024-11-01T06:58:03Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4009
dc.description.abstract Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan adalah masalah lemahnya proses pembelajaran serta kurangnya semangat belajar peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas, terlebih dalam pembelajaran Baca Tahfiz Al-Qur’an. Karena itu diperlukan suatu metode menghafal yang inovatif salah satunya adalah dengan metode drill atau biasa disebut dengan metode latihan untuk mewujudkan peserta didik yang mampu menjadi penghafal Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode drill dalam meningkatkan kualitas pembelajaran baca tahfiz Al-Qur’an siswa kelas 5 MIN 2 Tangerang Selatan, dan untuk mengetahui indikator kualitas pembelajaran baca tahfizh Al-Qur’an yang digunakan siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Implementasi metode drill dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Baca Tahfiz Al-Qur’an pada siswa kelas 5 MIN 2 tangerang Selatan adalah terdiri dari tiga tahap, tahap perencanaan meliputi guru harus menyusun silabus dan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum pembelajaran dilaksanakan, menentukan tujuan, materi, metode dan media pembelajaran, tahap pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup, serta tahap evaluasi belajar meliputi tes lisan dan tes tulis. 2). Indikator kualitas pembelajaran yang digunakan pada pelajaran Baca tahfizh Al-Qur’an pada siswa MIN 2 Tangerang Selatan adalah pembelajaran yang mencapai tujuan pembelajaran meskipun belum terlaksana dengan baik, peserta didik aktif, kreatif, dan mandiri dalam pembelajaran, pembelajaran dirasakan manfaatnya dan mempunyai nilai-nilai (values) yang dapat di implementasikan dalam kehidupan, dll. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Metode drill en_US
dc.subject Tahfizh Al-Qur’an en_US
dc.subject Kualitas Pembelajaran en_US
dc.title Implementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Baca Tahfiz Al-Qur’an pada Siswa MIN 2 Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account