Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa masih banyak
siswa yang prestasi belajarnya rendah akibat kurang optimalnya peran ibu
dalam mendidik anak. Hal ini terjadi baik pada ibu yang berstatus sebagai ibu
rumah tangga maupun ibu yang berstatus sebagai wanita karir. Prestasi belajar
yang rendah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat
berdampak negatif pada pemahaman dan pengamalan nilai-nilai agama dalam
kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
perbedaan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) antara siswa kelas
9 yang ibunya adalah ibu rumah tangga dan ibu wanita karir. Ibu rumah tangga
cenderung memiliki lebih banyak waktu untuk terlibat dalam pendidikan dan
kegiatan sehari-hari anak, sedangkan ibu wanita karir sering menghadapi
tantangan dalam membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga. Perbedaan ini
memunculkan pertanyaan tentang sejauh mana status pekerjaan ibu
mempengaruhi prestasi akademik anak, khususnya dalam mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian komparatif. Variabel penelitian ini yaitu status pekerjaan ibu (X)
dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) (Y). Sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas 9 dengan jumlah 81 siswa. Dalam
mengumpulkan data digunakan instrumen berupa kuesioner butir soal.
Selanjutnya data diolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan
statistik inferensial dengan menggunakan IBM SPSS versi 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi
belajar PAI yang signifikan antara siswa kelas 9 dari ibu rumah tangga dan ibu
wanita karir di SMP Negeri 6 Tangerang Selatan. Siswa dari ibu rumah tangga
cenderung menunjukkan prestasi belajar PAI yang lebih tinggi dibandingkan
siswa dari ibu wanita karie. Sebagaimana mean ibu rumah tangga adalah 23.10
> 21.55 (mean ibu wanita karir) dan berdasarkan hasil analisis statistik
inferensial menggunakan independent sample t-test dengan bantuan IBM SPSS versi 20 dengan nilai sig. (2-tailed) = 0,021, dan nilai signifikansi pada
umumnya = 0,05. Dengan perolehan 0,021 < 0,05.