Abstract:
Karakter atau sama dengan akhlak adalah pondasi yang sangat penting
dalam kehidupan sehari-hari untuk membentuk insan yang berakhlak mulia,
dan menciptakan menusia yang bertaqwa. Dengan adanya pembelajaran
akhlak ini maka manusia dapat membedakan mana nilai yang baik dan mana
nilai yang buruk hal ini juga bisa meningkatkan kecerdasan emosionalnya
dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan
dari segi kecerdasan emosional para santri di Mts At-Turusiyah setelah adanya
pembelajaran kitab Al-Akhlᾱq Li Al-Banᾱt yang terdapat dalam kurikulum
pondok pesantren.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif
dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode kajian isi, observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian kualitatif bersumber dari data
primer, dan data sekunder. Teknik analisis data meliputi reduksi data,
penyajian data, dan kesimpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran kitab
Al-Akhlᾱq Li Al-Banᾱt dalam meningkatkan kecerdasan emosional santri kelas
awwal di pondok pesantren Turus yaitu meliputi, a. Perencanaan: 1.
menciptakan suasana kelas yang kondusif 2. latihan membaca isi kitab Bab
per Bab 3. Peraturan Didalam Kelas Selama Proses Pembelajaran. 4. Media
Pembelajaran. b) Pelaksanaan: guru mengkondisikan para santri dikelas,
pembelajaran menggunakan metode ceramah, bandungan, nasihat dan
keteladanan. c) evaluasi: terdapat tiga aspek evaluasi yaitu aspek kognitif,
afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
pembelajaran pendidikan karakter melalui kitab Al-Akhlᾱq Li Al-Banᾱt
mempengaruhi dan mampu meningkatkan kecerdasan emosional santri
dibuktikan dengan adanya perubahan emosional santri yang jauh lebih stabil
dari sebelumnya baik memahami emosi pribadi maupun orang lain.