Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pentingnya menjalani pendidikan
berjenjang sampai ke perguruan tinggi, jurusan PAI merupakan jurusan yang
penting untuk dipilih karena akan menjadi guru professional dalam bidang
keagamaan, kegiatan Amaliyah tadris di sekolah dapat menjadi salah satu
faktor alasan siswa untuk mengambil jurusan PAI. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui seperti apa pelaksanaan amaliyah tadris dan bagaimana kegiatan
amaliyah tadris dapat menumbuhkan minat siswa dalam mengambil jurusan
PAI di Perguruan tinggi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif serta menggunakan
pendekatan deskriptif. Tempat penelitian berada si SMA IT Daarul Rahman 3
Parung. Sumber data utama dari kepala sekolah, koordinator Amaliyah Tadris,
guru pembimbing, serta siswa Amaliyah tadris. Sumber sekunder dari buku,
jurnal, dan skripsi. Serta sumber dokumen berupa hasil observasi, wawancara,
dan dokumentasi.
Teknin analisis data bersifat kualitatif yang lebih menekankan pada makna.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanan amaliyah tadris di Daarul
Rahman sama seperti kegiatan belajar mengajar pada umumnya mulai dari
persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, Implementasi Amaliyah tadris dapat
menumbuhkan minat mengambil jurusan PAI di perguruan tinggi pada
sebagian siswa serta beberapa implikasi berbeda pada siswa lainnya. Pertama,
siswa tumbuh minat mengambil jurusan PAI karena ingin menjadi guru agama.
Kedua, siswa tumbuh minat untuk menjadi guru dan minat dengan jurusan
PGSD atau jurusan serupa lainnya tapi kurang dengan jurusan PAI. Ketiga,
siswa tumbuh minat menjadi guru dengan tetap di sekolah untuk mengabdi
menjadi pengajar namun belum minat ke perguruan tinggi. Maka Implementasi
Amaliyah tadris ini dapat menumbuhkan minat siswa untuk menjadi seorang
pengajar/guru baik dengan memperdalam ilmu ke perguruan tinggi atau
langung ke sekolah.