Abstract:
Kemajuan teknologi, media sosial youtube sebagai salah satu bentuk
inovasi teknologi yang memudahkan untuk mendapatkan informasi yang
didesain dalam bentuk audio visual sehingga dapat digunakan sebagai media
pembelajaran saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
penggunaan media sosial youtube dalam meningkatkan minat belajar siswa
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Al-Syukro
Universal.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu terdiri dari Kepala Sekolah,
Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan 5 orang peserta didik kelas
III SD Islam Al-Syukro Universal. Teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan
dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial
youtube dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SD Islam Al-Syukro Universal sudah baik,
melalui kesesuaian penggunaan youtube sebagai media pembelajaran
dipadukan dengan kemampuan guru dalam memberikan pengajaran, mampu
mengoperasikan youtube dengan baik, yang didukung dengan ketersediaan
fasilitas sehingga memberikan efesiensi dalam belajar berupa pemahaman
yang baik dan cepat, serta banyak manfaat lainnya. Dalam penggunaan
youtube dapat meningkatkan minat siswa, terlihat ketika belajar PAI
menggunakan youtube siswa merasa senang karena gambar dan suara yang
menarik yang diberikan oleh youtube, ketertarikan siswa meningkat melalui
suasana belajar yang berbeda ketika belajar dengan youtube, ice breaking,
tugas kelompok, memberikan tugas lanjutan, dan pemilihan video yang singkat
membuat siswa fokus memperhatikan, siswa menjadi aktif bertanya dan
menjawab pertanyaan ketika belajar menggunakan youtube