Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya volume sampah
yang disebabkan oleh bekal makanan yang dibawa siswa dari rumah. Sebagai
respon, sekolah mengimplementasikan program Kurassaki untuk mengatasi
masalah ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji
penanaman karakter peduli lingkungan pada siswa MIN 2 Kota Tangerang
Selatan melalui program Kurangi Sampah Sekolah Kita (Kurassaki).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif,
narasumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, 2 guru, dan 3 siswa.
Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penanaman karakter
peduli lingkungan pada siswa melalui program Kurangi Sampah Sekolah
Kita (Kurassaki) terdapat tiga tahapan, yaitu pada tahap perencanaan, yang
mencakup sosialisasi dengan guru melalui rapat, menentukan penanggung
jawab program, menentukan peraturan peraturan yang yang ada dalam
program, setelah itu disosialisasikan kepada orang tua dan peserta didik.
Selanjutnya pada tahap pelaksanaan, kegiatan program Kurassaki terdiri
dari kegiatan Harian yaitu penerapan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle),
kegiatan mingguan Sosialisasi dan Edukasi Inspiration Day dan Motivasi,
adapun kegiatan Bulanan diantaranya kegiatan Jum’at bersih. Kemudian pada
tahap evaluasi, dengan melakukan rapat secara berkala setiap minggunya,
mengadakan kelas terbersih, ternyaman, dan terindah setiap bulannya. 2)
Efektivitas pembiasaan Program Kurassaki pada penanaman karakter peduli
lingkungan di MIN 2 Kota Tangerang Selatan mencakup tiga indikator yaitu
kesadaran lingkungan (Environmental Awareness), sikap tanggung jawab,
dan Sikap Ramah Lingkungan (Pro-Environmental Attitude).