Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Lembaga Pendidikan Sekolah
Dasar merupakan lembaga yang memiliki peran penting untuk membentuk
akhlak siswa-siswi. Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar perlu memiliki
kurikulum yang membahas pembentukan akhlak bagi siswa-siswi. SDIT
Madani Luwuk yang terletak di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai, Provinsi
Sulawesi Tengah memiliki program pembelajaran Al-Qur’an yang
menargetkan lulusan memiliki Hafalan 2 Juz dan terbentuknya Akhlak yang
Baik. Maka dari itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses
pembentukan akhlak pada kegiatan pembelajaran Al-Qur’an untuk siswasiswi SDIT Madani Luwuk.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif
deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research), yaitu suatu
metode yang bertujuan untuk menggambarkan suatu kegiatan atau keadaan
tertentu. Umumnya metode ini berbentuk kata-kata, gambar-gambar, atau
rekaman. Kriteria data dalam penelitian ini adalah data yang pasti. Data yang
pasti adalah data yang sebenarnya terjadi sebagaimana adanya, bukan sekedar
yang terlihat, terucap, tetapi data yang mengandung makna dibalik yang
terlihat dan terucap tersebut.
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi yang bersekolah di
SDIT Madani Luwuk. Data didapatkan melalui observasi secara partisipan
pada kegiatan belajar mengajar dan kegiatan pembinaan karakter. Selain itu,
peneliti juga melakukan wawancara, observasi juga dokumentasi untuk
menunjang data yang diperlukan dalam penelitian. Wawancara dilakukan
dengan kepala sekolah, guru Al-Qur’an serta 2 orang siswa dari kelas 4A.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pembentukan akhlak pada
kegiatan pembelajaran Al-Qur’an pada siswa-siswi SD IT Madani Luwuk
sudah berjalan dengan cukup baik, hanya saja masih dibutuhkan pengawasan
lebih lanjut dari para guru untuk mengetahui perkembangan akhlak siswasiswi pada kegiatan pembelajaran Al-Qur’an di kelas.